Cara Mengawetkan,Menyimpan Dan Menyajikan Makanan Kembali

Cara Mengawetkan,Menyimpan Dan Menyajikan Makanan Kembali

Makanan yang kita konsumsi memang harus benar-benar diperhatikan,baik bahan maupun cara memasaknya. Makanan yang baik dan sehat bisa berubah jadi jahat jika tidak diperlakukan dengan benar,baik dalam pengolahannya maupun penyajiannya.

Sejatinya,makanan yang  baik dan sehat harus dimasak dengan cara yang benar dan dihabiskan seketika itu juga. Selain untuk menjaga rasa,kesegaran penampilan dan kandungan gizinya,makanan yang masih fresh juga pasti terhindar dari kontaminasi bakteri dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

Namun demikian banyak alasan kenapa kita masih dan harus menyimpan makanan sisa yang tak habis sekali konsumsi. Tapi kadang orang memiliki cara yang berbeda dalam mengawetkan makanan sisa untuk kemudian menghangatkannya kembali untuk dikonsumsi.

Cara Mengawetkan Makanan Sisa Yang Tak Habis Di konsumsi

1. Memanaskan kembali sebelum disimpan agar tidak basi

Cara ini lazim digunakan untuk makanan dalam jumlah yang banyak atau sayuran  berkuah. Para ibu memanaskan makanan dikompor sebelum disimpan,lalu keesokkan harinya memanaskan kembali.

2. Memasukkan kedalam kulkas.

Cara mengawetkan makanan dengan memasukkan kedalam kulkas atau freezer biasanya dilakukan oleh para ibu untuk menjaga kualitas makanan agar tetap fresh dan mudah memanaskan kembali baik dengan memanaskan diatas kompor,memanaskan dengan microwave bahkan dengan magic com atau penanak nasi listrik.
Lalu dari 2 cara tersebut mana yang benar?"

Cara mengawetkan,menyimpan dan memanaskan makanan yang benar

Mungkin tidak bisa dinilai mutlak benar atau salah mengenai 2 cara mengawetkan dan memanaskan makanan sisa tersebut. Namun yang harus diperhatikan adalah cara meminimalisir rusaknya kandungan gizi makanan dan mencegah kandungan karsinogen yang memicu kanker.

Perlu diketahui bahwa memanaskan makanan berulang-ulang tidak hanya akan merusak kandungan gizi makanan tapi bisa mengubah kandungan gizi yang baik tadi menjadi zat berbahaya seperti karsinogen pemicu kanker.

Lebih baik jika makanan yang tersaji diatas meja tidak lebih dari 6 jam,langsung simpan saja di kulkas. Jika ingin memanaskan kembali,keluarkan makanan dari kulkas lalu diamkan dulu agar mencapai suhu ruangan.

Setelah itu panaskan dengan cara yang ibu sukai,namun jangan terlalu lama. Setelah mendidih langsung matikan. Kenapa harus didiamkan disuhu ruangan,bukannya makanan dari kulkas langsung dipanaskan? Karena perubahan suhu yang mendadak dan ekstrim bisa merusak kandungan gizi makanan.

Tapi ingat bunda,tidak semua makanan bisa diawetkan loh. Sayuran hijau sebaiknya tidak disimpan dan dipanaskan kembali,karena kandungan gizinya akan rusak dan memunculkan zat karsinogen pemicu kanker tadi.
Salam Enak Sehat Bunda :)

0 Response to "Cara Mengawetkan,Menyimpan Dan Menyajikan Makanan Kembali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel