3 Kesalahan Dalam Menggosok Gigi

3 Kesalahan Dalam Menggosok Gigi

Menggosok gigi merupakan kegiatan yang sudah sangat tua di bumi ini.
Dari jaman nenek moyang atau bahkan jaman para nabi,gosok gigi sudah awam dilakukan. Tentu saja dijaman itu belum ada pasta gigi, Pabrik Pasta gigi apalagi,belum ada.

Nenek moyang kita biasa menggunakan remahan batu tertentu untuk menggosok gigi,dan jauh setelahnya adik dari adik yang punya adik alias nenek atau simbah-simbah kita memakai sirih untuk membersihkan mulut beliau. Gelik..?!"

Faktanya memang benar jika daun sirih itu mengandung anti bakteri yang mumpuni untuk membunuh kuman di mulut. Makanya,ada varian pasta gigi yang pakai daun sakti satu ini sebagai salah satu bahan dasarnya. 

Selanjutnya dijaman nabi Muhammad SAW,kita udah pada paham yah,bagaimana beliau menganjurkan untuk membersihkan gigi dengan pakai kayu siwak. Yang selanjutnya kegiatan bersih-bersih gigi di jaman beliau,dikenal dengan istilah bersiwak.

Namun menggosok gigi ternyata tidak bisa sembarangan,karena kesalahan yang kita buat dalam menggosok gigi,justru bisa memicu kerusakan gigi

Beberapa kesalahan umum yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam menggosok gigi;

1. Menggunakan Pasta Gigi Yang Banyak Busanya

Karena menyangkut urusan bersih-bersih,maka seolah pasta gigi yang terbaik adalah yang banyak busanya. Karena dianggap mampu membersihkan sebersih-bersihnya. Padahal deterjen yang menyebabkan pasta gigi itu berbusa,bisa mengikis lapisan pelindung gigi kita. Sehingga gigi bisa mudah rapuh. Jadi sebaiknya pilih pasta gigi yang non detergent .

2. Membasahi Sikat Gigi Sebelum atau Sesudah Mengoleskan Pasta Gigi.

Yang satu ini tujuannya sama seperti diiatas,agar banyak busa sehingga bersih. Padahal ini akan mengurangi kadar flouride yang terkandung dalam pasta gigi. Seperti kita tahu flouride berfungsi sebagai pelindung juga menguatkan lapisan gigi. 

3. Berkumur-kumur Sebanyak-banyaknya.

Setelah menggosok gigi biasanya kita sempurnakan dengan berkumur,tapi entah kenapa,kita sering berkumur lagi dan lagi biar bersih. Padahal,kita sebenarnya cukup sekali aja berkumur. Itupun sekedarnya saja,agar kandungan Fluorida dalam pasta gigi tidak menghilang begitu saja.
Kalau perlu berikan jeda beberapa menit baru berkumur,agar kandungan flouride dalam pasta gigi meresap maksimal.

O.K sobat itu tadi ulasan tentang rutinitas mengosok gigi yang baik dan benar. Jika penting dan bermanfaat,silahkan dishare yah . Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "3 Kesalahan Dalam Menggosok Gigi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel