Akibat Buruk Terlalu Banyak Mengkonsumsi Vitamin A Dan Mitos Seputar Wortel

Akibat Buruk Terlalu Banyak Mengkonsumsi Vitamin A Dan Mitos Seputar Wortel

Vitamin A selama ini kita kenal sebagai vitamin yang baik untuk penglihatan. Salah satu sumber vitamin A bisa kita dapatkan dari wortel. Didalam wortel terdapat banyak kandungan karoten. Karoten inilah yang oleh tubuh akan di ubah menjadi Vitamin A.

Mitos Banyak Mengkonsumsi Wortel Bisa Memperbaiki Penglihatan Dan Mata Minus

Banyaknya kandungan karoten di dalam sayuran wortel,membuat masyarakat berasumsi bahwa mengkonsumsi  wortel akan membuat penglihatan kita lebih baik dan bahkan ada yang beranggapan bisa menyembuhkan mata minus.

Kabar itu beredar luas di masyarakat bahkan sudah dianggap fakta,padahal banyak makan wortel bisa memperbaiki penglihatan adalah mitos belaka. Lalu dari manakah mitos tersebut berasal?

Asal Mitos Banyak Makan Wortel Bagus  Untuk Mata

Penjelasan ini diambil dari pakar neurologi Dr Ryu Hasan melalui akun twitternya @ryuhasan.
Pada masa Perang Dunia kedua,seorang pilot tempur Angkatan Udara Inggris (RAF) bernama Cunningham menjadi pilot pertama yang berhasil menembak pesawat musuh dengan bantuan radar.

Ia adalah pilot tempur yang bertugas di malam hari,namun punya catatan rekor mengagumkan yakni punya tingkat keberhasilan menembak mencapai angka 20. Saat itu penemuan radar Inggris ini yang paling canggih,namun tentu saja harus disembunyikan dari musuh.

Untuk menyembunyikan penemuan berharga mereka soal radar canggih ini,maka pihak RAF menerbitkan cerita bohong di koran-koran Inggris,bahwa pilot mereka punya penglihatan bagus karena banyak makan wortel.

Dan cerita ini pun beredar luas seantero dunia,bahkan Jerman yang menemukan fakta tentang radar ini pun tak berdaya melawan hoax banyak makan wortel bisa memperbaiki penglihatan.
Hoax soal wortel ini bahkan sulit diberantas meski sudah berusia 77 tahun.

Fakta Tentang Wortel Dan Vitamin  A

Memang benar bahwa kekurangan Vitamin A bisa menganggu fungsi organ tubuh,bukan hanya mata saja,tapi mengkonsumsi banyak wortel atau vitamin A tidak akan memperbaiki penglihatan seperti mengurangi minus atau meningkatkan daya penglihatan mata yang sudah punya gangguan penglihatan.

Jadi mengkonsumsi banyak wortel sebagai salah satu sumber Vitamin A untuk memperbaiki penglihatan Anda yang terganggu adalah bohong alias Hoax belaka. Mengkonsumsi banyak Vitamin A bahkan bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Akibat Buruk Kebanyakan Mengkonsumsi Vitamin A

Banyak mengkonsumsi Vitamin A bisa mengakibatkan masalah serius pada organ-organ vital seperti Liver Dan Otak.  Kerusakan pada otak dan liver bisa Anda alami jika mengkonsumsi Vitamin A tanpa dosis yang jelas.

Bagaimana Cara Yang Benar Mengobati Mata Minus 

Mengobati atau mengurangi gangguan penglihatan akibat mata minus dan penglihatan lain hanya bisa dilakukan dengan memakai kacamata,lensa kontak (contact lens) atau dengan operasi lasik. Operasi lasik sudah teruji bisa memperbaiki gangguan penglihatan Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel