Cara Mudah Membedakan Sakit Flu Biasa Dan Flu Corona atau Covid 19

Cara Mudah Membedakan Sakit Flu Biasa Dan Flu Corona atau Covid 19

Terus meningkatnya korban positif COVID-19 atau Corona bahkan korban yang meninggal semakin banyak,membuat masyarakat menjadi cemas dan takut dengan setiap gejala sakit flu yang mereka derita.

Kewaspadaan diri mengenai sakit dengan gejala mirip ciri penyakit Corona memang penting,tapi agar kita tidak panik dan khawatir berlebihan perlu kita cermati perbedaan mendasar antara sakit flu biasa dengan gejala corona.

Perbedaan Gejala Sakit Corona/Covid 19 Dengan Flu Biasa

1. Gejala Batuk 

Pada Flu biasa mungkin Anda juga mengalami batuk,tapi batuk pada Covid-19 atau Corona cenderung kering. Batuk kering tersebut bisa terus-terusan terjadi dan sulit dihentikan.

2. Demam atau Panas

Demam pada flu biasa juga bisa terjadi,namun demam karena Corona bisa membuat panas di sekitar dada bagian atas. Demam pada flu bisa segera turun bila diobati,tapi pada Covid-19 bisa semakin memburuk

3. Sesak Nafas

Sakit flu biasa juga bisa membuat Anda kesulitan bernafas,tapi sakit flu pada Corona akan membuat Anda sesak nafas akut. Dan bila itu terjadi segera hubungi petugas medis dari Rumah Sakit rujukan yang di tunjuk.

4. Bersin

Sakit flu biasa,biasanya gejala awalnya adalah bersin-bersin baru kemudian hidung meler,tapi pada Corona bersin-bersin tersebut bahkan bisa tidak terjadi.

5. Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan biasanya juga terjadi ketika kita hendak terkena flu atau batuk,tapi pada flu biasa sakit tenggorokan yang terjadi akan berkurang setelah benar-benar batuk. Lain halnya dengan sakit tenggorokan pada Covid-19 yang terus terjadi dan ditambah sesak nafas akut.

Bagaimana Dengan Penderita Alergi Dan Asma?"

Bagi penderita alergi dan asma yang juga punya reaksi mirip dengan Covid-19 apalagi bila terkena flu. Anda bisa membedakannya dengan mencermati gejala sakit asma dan Alergi yang Anda derita selama ini.

Sesak nafas pada pasien asma biasanya terjadi tanpa disertai demam dan sakit tenggorokan berkepanjangan. Anda akan bisa membedakan ini sendiri.

Bila Anda penderita asma dan sedang sakit batuk flu lalu sesak nafas,Anda juga bisa mengingat-ingat riwayat perjalanan dan pertemuan dengan orang lain yang baru-baru ini Anda lakukan. Bila Anda menggunakan obat asma Anda dan langsung membaik,maka itu bukan Corona.

Penderita alergi juga mengalami bersin-bersin dan hidung tersumbat,tapi biasanya karena di picu oleh alergen tertentu. Alergi juga bisa terjadi karena musim atau perubahan cuaca yang terjadi di wilayah Anda. 

Para penderita alergi biasanya juga bisa mengetahui gejala alergi dan penyebabnya karena sudah terbiasa. Resep dari dokter Anda biasanya juga khusus dan bisa langsung meredakan gejala alergi Anda,berbeda dengan Demam dan Flu pada Covid-19

Akhir kata mari kita semua mamatuhi setiap instruksi yang diberikan tim medis dan pemerintah,agar kita semua segera terbebas dari Pandemi penyakit Corona

Berdoa,mengisolasi diri di rumah dan tidak bepergian ke keramaian untuk sementara ini,selalu menjaga kesehatan,olahraga di rumah dan menjaga asupan makanan bergizi,agar selalu enak dan sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel