4 Penyebab Utama Penyakit Meningitis Beserta 7 Gejala Dan Cara Mengobatinya

4 Penyebab Utama Penyakit Meningitis Beserta 7  Gejala Dan Cara Mengobatinya

Meninggalnya penyanyi kenamaan Glen Fredly karena "penyakit meningitis" dua hari lalu mengejutkan masyarakat Indonesia. Kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi,mendiang komedian kocak Olga Syahputra juga menderita penyakit ini sebelum meninggal.

Apa Sih Penyakit Meningitis Itu?

Meningitis adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi pada selaput pembungkus otak dan bisa juga menyerang syaraf tulang belakang,yang mengakibatkan peradangan pada bagian tersebut. Makanya penyakit ini disebut juga dengan radang selaput otak.

Penyebab Meningitis/Radang Selaput Otak

1. Infeksi Virus

Meningitis jenis ini disebut juga meningitis viral karena disebabkan oleh berbagai macam virus. Virus-virus ini juga mengakibatkan penyakit tertentu,tapi kalau sampai menyerang otak,maka menyebabkan penyakit meningitis.

Contoh Virusnya adalah

1. Virus Varicella Zoster  yang biasa menyebabkan cacar air
2. Virus Herpes Simplex stipe 2 dan virus HIV yang biasa menyebabkan penyakit menular seksual
3. Virus Paramixovirus yang menyebabkan penyakit gondongan dan campak.

Meningitis yang disebabkan oleh virus sangat mudah menular lewat percikan ludah,bersin,batuk dan kontak dengan lendir.

2. Infeksi Jamur

Terjadinya peradangan pada otak juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur pada selaput atau membran otak. Beberapa jenis jamur penyebab meningitis diantaranya;

a. Jamur Crytococcal

Menyebabkan meningitis kriptokokkis juga serangan penyakit lain. Awalnya infeksi oleh jamur ini akan menyerang paru-paru dan mengakibatkan pneunomia atau sesak nafas,baru kemudian bisa menyebar ke otak,kulit,tulang dan saluran kemih.

Infeksi karena jamur jenis ini bisa diperoleh karena kontak dengan kotoran hewan,sayuran dan buah yang tidak dicuci dengan baik,juga kontak dengan penderita langsung.

b. Jamur Histoplasma Capsulatum

Histoplasmosis yang awalnya menyerang paru-paru,bisa juga merembet menyerang selaput otak dan menyebabkan meningitis. Penyakit ini disebabkan karena penderita menghirup spora jamur tersbut. Jamur ini biasa terdapat pada kotoran binatang ternak seperti ayam,burung juga kelelawar.

c. Jamur Candida

Infeksi akibat jamur ini biasa terjadi pada rongga mulut,kulit dan organ intim. Bila infeksi ini tidak segera diobati,bisa merembet menginfeksi otak dan menyebabkan radang selaput otak.

3. Infeksi Parasit

Meningitis jenis ini bisa disebabkan oleh infeksi parasit seperti schistosoma,angiostrongylus cantonensis dan gnathostoma spinigerum. Organisme parasit ini akan masuk dan menjadikan tubuh kita sebagai inangnya.

4. Infeksi Bakteri

Meningitis karena bakteri disebabkan oleh beberapa jenis bakteri khusus seperti

a. Streptococcus pneunomia yang biasa menyebabkan radang paru-paru
b. Neisseria meningitis,bakteri yang memang menyebabkan meningitis
c. Haemophilus influenzae menyebabkan radang pada paru,otak dan sepsis

7 Gejala Penyakit Meningitis

Pada tahap awal gejala radang selaput otak ini seperti gejala flu biasa,namun akan berubah semakin parah seiring berjalannya waktu.

1. Demam
2. Sakit kepala
3. Leher tegang dan kaku
4. Mual dan muntah
5. Ngantukan
6. Muncul ruam di kulit
7. Kejang

Cara Mencegah Meningitis

1. Jaga Imun

Karena infeksi jamur,bakteri,parasit dan virus ini bisa menyerang kapan saja dan siapa saja maka yang selalu kita harus perhatikan adalah menjaga asupan nutrisi,vitamin dan juga olahraga agar imun tubuh kita kuat.

2. Vaksin 

Sebaiknya setiap anak yang baru lahir tidak boleh melewatkan tahapan vaksinasi yang dianjurkan dokter anak,agar terhindar dari berbagai macam penyakit dan memiliki imunitas yang kuat.

3. Jaga Kebersihan Diri,Makanan Dan Lingkungan

Karena infeksi jamur,bakteri dan parasit ini bisa karena kontak dengan kotoran hewan maupun buah dan sayur yang tidak dicuci dengan baik,maka dianjurkan untuk selalu rajin cuci tangan,sanitasi dan bersihkan lingkungan rumah dan kandang peliharaan dengan baik dan rajin.

Ingat juga untuk selalu cuci buah dan sayur dengan air mengalir. Pokoknya jaga kebersihan diri,lingkungan dan makanan Anda.

4. Berhati-hati Kalau Kontak Dengan Penderita Meningitis.

Jika anda harus kontak dengan penderita meningitis,maka selalu berhati-hati,menggunakan masker,selalu cuci tangan dan pisahkan alat makan dan minumnya.

Cara Mengobati Meningitis

Cara mengobati meningitis tergantung pada penyebab infeksinya. Dokter akan memberikan antibiotik,anti mikroba atau terapi lain yang sesuai dengan penyakit pasiennya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel