Pengertian,Penyebab dan Penanggulangan Penyakit Paru-paru

Pengertian,Penyebab dan Penanggulangan Penyakit Paru-paru

Hallo Sobat sehat semua..!'

Kemarin baru saja kita menerima berita duka dari dunia jurnalisme Indonesia,karena seorang news anchor stasiun televisi nasional kita mas Andri Djarot meninggal dunia. Dan berdasarkan kabar yang kita dengar,beliau meninggal akibat penyakit paru-paru yang dideritanya. Nah,makanya hari ini kita akan mencoba membahas sedikit tentang apa itu penyakit paru-paru. 

Pengertian dan Penyebab Penyakit Paru-Paru

Lebih dikenal dengan nama radang paru-paru atau pneumonia,adalah sebuah gejala peradangan yang dialami organ paru-paru utamanya alveolus (kantong-kantong udara mikroskopik) yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Namun dalam sejumlah kasus kecil bisa juga disebabkan oleh parasit dan jamur. Akibat peradangan atau inflamasi ini,biasanya pasien merasakan gejala batuk-batuk,nyeri dibagian dada,demam dan kesulitan bernafas.

Orang yang rentan terkena penyakit paru-paru ini biasanya mereka yang merokok dan suka mengkonsumsi alkohol. Namun ada juga yang disebabkan oleh penyakit lain seperti penderita ginjal kronis dan penyakit hati. Penyakit paru-paru ada yang menular namun ada yang tidak menular juga. Penyakit radang paru-paru lebih sering menyerang masyarakat dinegara-negara berkembang,dan menjangkiti sekitar 7% populasi masyarakat dunia,makanya termasuk daftar penyakit mematikan loh.

Adapun bakteri yang biasa menginfeksi paru-paru antara lain Streptococcus pneumoniae (50% kasus),haemophilus influenzae (20% kasus),chlamydophila pneumoniae sebanyak 13 % kasus. Dari golongan virus,yang bisa menyebabkan inflamasi atau peradangan paru adalah virus rhinovirus,coronavirus,virus influenza,virus sinsitium pernapasan,adenovirus,dan parainfluenza.

Sedangkan dari kelompok jamur blastomyces,pneumocystis jiroveci,cryptococccus neoforman,histoplasma capsulatum dan Coccidioides Immits. Namun penyakit radang paru-paru infeksi karena jamur biasanya hanya menyerang mereka yang memiliki penyakit penurunan kekebalan tubuh seperti penderita AIDS. Dari kelompok parasit adaToxoplasma Gondii dan Plasmadium malariae adalah sebagian contohnya. Radang paru-paru yang disebabkan parasit biasanya menyerang masyarakat di negara-negara berkembang. Karena  parasit masuk kedalam paru-paru melalui vektor serangga,kontak langsung dengan kulit dan pencernaan.

Selain 4 hal diatas penyakit paru-paru juga bisa disebabkan oleh faktor idiopatik. Karena kerusakan organ paru itu sendiri karena itulah untuk jenis penyakit paru-paru ini tidak menular. Penyebab lainya patofisiologi,yakni penyakit paru-paru yang diawali dari penyakit yang menyerang ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) yang kemudian menjalar kebawah menyerang organ paru-paru.

Penanggulangan dan Obat Penyakit Radang Paru-paru

Penyakit radang paru-paru bisa diobati dengan pemberian antibiotik dan pengobatan klinis lainnya dari dokter di rumah sakit. Mengingat penyakit paru-paru ini ada jenis yang menular,maka hindari kontak langsung dengan penderita melalui peralatan makanan dan minuman. Dan tentu saja kita harus menjalankan pola hidup sehat,makan makanan sehat,hindari rokok dan alkohol (narkoba),biasakan berolahraga secara teratur dan jaga kebersihan makanan juga lingkungan.

Demikian ulasan singkat yang bisa penulis bagikan siang ini,semoga bermanfaat dan Salam Sehat selalu Sobat..'

Referensi : wikipedia indonesia

1 Response to "Pengertian,Penyebab dan Penanggulangan Penyakit Paru-paru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel