Jenis-jenis Pemeriksaan atau Tes Kedokteran

Hallo sobat sehat semua..!"
Kali ini kita akan membahas soal beberapa tes kesehatan atau pemeriksaan kedokteran yang biasa dilakukan pasien agar penyakit/kelainan yang ada ditubuhnya bisa terdeteksi dengan tepat. Untuk menambah pengetahuan kita,yuuk,segera kita bahas satu persatu.

Jenis-jenis Pemeriksaan atau Tes Kedokteran

1. Tes Darah

Tes darah memang bisa dikatakan sebagai deteksi dini terhadap suatu gejala penyakit,setelah tes suhu badan dan tekanan darah. Tapi tahukah anda jika tes darah ini sangat kompleks. Tes darah bisa mendeteksi berbagai penyakit yang disebabkan gangguan pada organ-organ tubuh seperti penyakit ginjal,paru-paru,hati dan lain-lain. Tes darah juga bisa mendeteksi adanya bakteri atau virus yang menjangkiti tubuh kita,mengukur kadar oksigen dan karbondioksida tubuh,juga untuk pemeriksaan genetika seperti DNA dan golongan darah.

2. USG 

Ultrasonography atau USG tidak hanya berhubungan dengan ibu-ibu hamil loh. Karena USG yang prinsip dasarnya menggunakan gelombang suara ini berfungsi untuk memeriksa organ-organ tubuh manusia. Jadi USG ini bisa untuk mendeteksi gangguan organ tubuh manusia.
Karena menggunakan gelombang suara sehingga tidak ada efek radiasi,maka USG biasa dilakukan untuk memeriksa janin dan usia kehamilan ibu.

3. EKG

Elektrokardiograf atau EKG merupakan jenis pemeriksaan untuk mengetahui aktifitas listrik organ jantung. Ditemukan oleh orang Belanda bernama Dr.Wilhem Einthoven tahun 1903. Alat ini berfungsi melacak sinyal listrik yang ditaruh pada jalur tertentu melalui alat yang ditempelkan pada tubuh pasien. Karena aliran listrik bisa merangsang jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh,jika fungsinya normal. Alat ini biasanya dihubungkan dengan sebuah monitor,mirip seperti USG. Tentu saja tidak sakit.

4.Rontgen

Rontgen atau x-ray merupakan jenis pemeriksaan yang menggunakan alat yang akan memberikan radiasi berupa ion dalam kadar yang kecil tentunya,untuk mebuat citra atau gambaran struktur tulang dalam tubuh yang ditampilkan oleh komputer. Rontgen bisa mendeteksi kelainan dalam tulang .

5.CT-SCAN.

Pada prinsipnya sama denga rontgen,hanya saja pencitraan/gambar yang dihasilkan akan lebih jelas,karena alat ini mampu memeriksa hingga ke jaringan lunak tulang seperti tulang rawan misalnya. CT-SCAN biasa digunakan untuk penderita tumor,karena bisa digunakan duntuk melihat dari sudut yang lebih kecil dari jaringan tulang manusia.

6.MRI

Magnetic Resonance Imaging adalah pencitraan dengan menggunakan gelombang magnet dan gelombang radio. MRI lebih canggih karena bisa memeriksa hingga ke jaringan lunak sampai jaringan syaraf manusia. Gambar yang digunakan paling jelas dan tidak repot karena tidak perlu mereposisi tubuh pasien. Waktu pemeriksaannya juga lebih singkat dibanding CT SCAN. Dan tidak menggunaka radiasi,jadi relatif aman. Tapi MRI sangat mahal,sehingga tidak semua rumah sakit mampu menyediakannya.
Nah itulah kira-kira gambaran singkat berbagai pemeriksaan yang disarankan oleh dokter dirumah sakit. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Dari berbagai sumber


1 Response to "Jenis-jenis Pemeriksaan atau Tes Kedokteran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel