Fungsi Dan Fakta Lapisan Lilin Pada Buah Serta Cara Membersihkannya

Fungsi Dan Fakta Lapisan Lilin  Pada Buah Serta Cara Membersihkannya

Kabar tentang adanya lapisan lilin pada buah terutama yang impor,timbul tenggelam dan selalu membuat keresahan di masyarakat. Banyak yang bertanya-tanya apakah kabar itu hoax  atau kah fakta. Selain karena khawatir dengan dampaknya bagi kesehatan.

Lapisan Lilin Pada Buah Hoax Atau Fakta?

Jawabannya adalah fakta,terutama untuk buah-buah impor seperti apel,pir juga sayur-sayuran tertentu. Buah dan sayuran tertentu memang punya kandungan lapisan lilin alami,namun kandungan tersebut tidak cukup untuk memperpanjang usia kesegaran buah dan sayur tersebut sampai tujuan dan  tangan konsumen.

Selain itu,pada proses pencucian sebelum dikemas,buah dan sayur tersebut juga kehilangan sebagian lapisan lilin alaminya,sehingga perlu diberikan tambahan lapisan lilin kembali.

Fungsi Penambahan Lapisan Lilin Pada Buah  dan Sayur

1. Menjaga kesegaran tampilan buah
2. Memperpanjang usia buah agar tidak mudah busuk
3. Mencegah serangan patogen yang bisa membuat buah cepat busuk dan rusak
4. Menjaga kandungan air dalam buah.

Jadi lapisan lilin pada buah impor terutama seperti apel ini memang penting,apalagi buah tersebut harus menempuh perjalanan panjang dengan kapal laut melintasi berbagai negara. Dan lapisan alami pada buah tersebut tidak mungkin  cukup untuk menjaga kesegaran dan usia buah sampai ke tangan konsumen,tanpa bantuan tambahan lapisan lilin buatan.

Apakah Lapisan Lilin Pada Buah Berbahaya?"

Tentu tidak,jika sesuai ambang batas yang ditentukan. Lilin yang dipakai untuk melapisi buah tersebut memang dari jenis yang aman,dan kalau di Indonesia telah disetujui oleh BPOM.

Beberapa jenis lilin yang aman digunakan untuk melapisi buah dan telah mengantongi ijin  diantaranya beeswax (malam),Candelilia Wax,Carnauba Wax,Shellac dan micro crystalline wax. Cara melapisi buah dengan lilin tersebut biasanya dengan di semprotkan,direndam atau digosokkan.

Jangan khawatir,jika lapisan lilin termakan oleh kita,karena lilin tidak akan di serap oleh tubuh. Dia hanya akan melewati saluran cerna sebelum dibuang melalui kotoran oleh tubuh kita.
Namun begitu mencuci buah seperti apel akan lebih baik dilakukan.

4 Cara Menghilangkan Lapisan Lilin Pada Buah

1. Kerik pelan dan cuci dibawah air mengalir
2. Gunakan cuka apel pada kain atau kasa,lalu gosokkan pada buah apel
3. Direndam di air lemon juga bermanfaat mengikis lapisan lilin pada buah
4. Sikat dengan sikat halus dan bersihkan dibawah air mengalir

Kenapa tidak dikupas saja kulitnya? Karena sayang dikulit apel banyak nutrisi  dan manfaatnya. Dan hindari juga mencuci dengan air sabun apalagi berlebihan,karena justru berbahaya jika deterjen nya sampai menempel dan tertelan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel