Bahaya Toksoplasmosis,Penyakit Dari Parasit Yang Dibawa Kucing Bagi Ibu Hamil Dan Bayinya

Bahaya Toksoplasmosis,Penyakit Dari Parasit Yang Dibawa Kucing

Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan favorit banyak orang. Dari kucing lokal alias kucing kampung,sampai kucing ras yang berbulu indah berharga jutaan rupiah,kucing memang binatang menyenangkan. Selain karena mudah jinak,kucing memang mudah membuat orang jatuh cinta dengan kemanjaan dan tingkahnya.

Namun,kucing-kucing manis nan menggemaskan itu juga sering dituduh sebagai penyebar penyakit. Bahkan sebuah penelitian sempat menggemparkan dan membuat sewot banyak pecinta kucing,karena kucing dianggap sebagai hama di bumi ini.

Apa Sih Virus Yang Di Bawa Kucing? 

Sebenarnya bukan virus,melainkan parasit. Kucing merupakan binatang yang membawa Parasit Toxoplasma Gondii. Toxoplasma Gondii adalah parasit bersel satu penyebab penyakit Toksoplasmosis.

Dimana Tepatnya Sumber Toxoplasma Gonndii Itu Dibawa Kucing?

Toxoplasma Gondii yang berasal dari mangsa atau daging mentah yang dimakan kucing akan bertelur di lapisan dinding usus kucing. Nah telur parasit berbahaya ini akan dikeluarkan lewat kotoran kucing dan bisa menginfeksi manusia bila terjadi kontak langsung.

Bahaya Penyakit Toksoplasmosis Pada Ibu Hamil

Pada orang sehat parasit toksoplasma gondii ini tidak terlalu berbahaya,namun bagi orang dengan imunitas rendah dan ibu hamil akan sangat berbahaya. Pada ibu hamil penyakit toksoplasmosis bahkan bisa menyebabkan keguguran dan cacat pada bayi ketika lahir.

Bayi yang terinfeksi toksoplasmosis dari kandungan ibunya bisa mengalami kejang,pembesaran hati atau limpa,mengalami hydrocephalus (pembesaran kepala) atau sebaliknya microcephalus,tuli,atau bahkan terkena gangguan pada intelektualitasnya.

Namun yang perlu diingat adalah kucing bukan satu-satunya sumber parasit Toxoplasma Gondii,makanan berupa  daging mentah dan air pun bisa jadi terpapar  Toxoplasma Gondii.
Jadi selalu jaga kebersihan dan kesehatan makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Jika Anda memelihara kucing apalagi sedang hamil,hindari kontak dengan kotoran kucing. Selalu jaga kebersihan kandang kucing,termasuk bak pasir tempat kotoran kucing. Bila Anda sedang hamil,sebaiknya suruh orang lain saja yang membersihkannya.

Bila terjadi kontak dengan kotoran kucing atau Anda membersihkan kandang dan bak kotorannya,pastikan cuci bersih tangan  Anda dengan sabun  dan air mengalir. Pokoknya kebersihan tangan Anda,makanan,minuman dan lingkungan Anda memang kunci untuk hidup Enak Sehat:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel