Perbedaan Gelar Doktor Dan Dokter Beserta Singkatannya Yang Benar

Perbedaan Gelar Doktor Dan Dokter Beserta Singkatannya Yang Benar

Gelar doktor dan dokter seringkali membingungkan masyarakat awam,apalagi kalau sudah di singkat. Yang mana sebenarnya gelar untuk lulusan kedokteran,yang mana gelar untuk akademis.
Ini sebenarnya pembahasan lama,tapi tetap saja ada yang salah kaprah penggunaannya.

Perbedaan Gelar Doktor dan Dokter

1.Gelar Doktor

Gelar doktor adalah gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan strata 3 (S3). Gelar ini memerlukan pengujian oleh dewan pengajar universitas. Dan disertasi merupakan  syarat utama kelulusan.

Disertasi adalah paparan sebuah argumen yang sering juga disebut sebagai  tesis. Nah pembuktian berupa proposal tesis inilah yang nantinya akan jadi syarat utama apakah seseorang bisa dinyatakan lulus dan menyandang gelar akademis S3 yang biasa disebut Doktor.

2. Gelar Dokter

Lain halnya dengan dokter,dokter adalah gelar kelulusan bagi mahasiswa jurusan kedokteran. Gelar ini bisa diperoleh setelah mahasiswa kedokteran dinyatakan lulus dalam ujian tulis maupun praktek menjadi coas di rumah sakit.

Singkatan Gelar Doktor dan Dokter

Sebenarnya permasalahan yang mendasar dari polemik penulisan gelar doktor dan dokter  adalah pada penulisan singkatannya. Gelar doktor yang benar ditulis dengan singkatan "Dr."

Sedangkan gelar dokter bagi  profesi dunia kedokteran ditulis dengan huruf kecil semua yaitu "dr."
Kesepakatan tersebut sudah baku dan telah lama diterapkan sebenarnya,meski masih banyak salah penggunaannya.

Satu lagi perbedaan kata doktor dan dokter. Doktor diserap dari bahasa latin "doctor" berarti guru atau pengajar,sedangkan kata dokter diserap dari bahasa belanda "dokter"
Itulah perbedaan dan singkatan yang benar untuk kata doktor dan dokter,semoga mencerahkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel