Manfaat Pisang Ditinjau Dari Warna Dan Tingkat Kematangannya

Manfaat Pisang Ditinjau Dari Warna Dan Tingkat Kematangannya

Pisang merupakan salah satu buah yang paling sering kita temukan di Indonesia. Selain karena budi daya pisang lumayan mudah dilakukan,buah ini jadi favorit banyak orang karena kaya nutrisi dan bisa berfungsi sebagai pengganjal lapar yang efektif dan cepat.

Kandungan Vitamin dan Mineral Dalam Buah Pisang

Pisang diketahui memiliki kandungan potasium,zat besi,vitamin A,Vitamin B,Vitamin C,Kalium,Serat,Karbohidrat dan Magnesium. Dengan kandungan nutrisi sebanyak itu membuat pisang jadi buah yang kaya manfaat. Namun ternyata pisang yang berbeda warna dan tingkat kematangannya,punya fungsi alias manfaat yang berbeda,seperti dilansir dari media Boldsky.

Manfaat Buah Pisang Berdasarkan Warna Dan Tingkat Kematangannya;

1. Pisang Berkulit Hijau

Pisang berwarna kulit hijau ini sebenarnya sudah mulai mengalami proses pematangan atau memang ada yang sudah matang tapi masih berkulit hijau. Pisang berwarna hijau ini punya kadar gula rendah,jadi cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Selain itu pisang yang masih berwarna hijau namun sudah mulai manis ini,juga bisa membantu mengatasi diare,tapi jangan salah makan dengan warna yang kuning atau matang,karena fungsinya jadi sebaliknya.

2. Pisang Warna Agak Kuning (Menguning)

Pisang yang sudah mulai mau matang ini,rasanya sudah manis,namun kadar gulanya belum terlalu tinggi. Jadi pisang jenis ini cocok untuk orang yang sedang menjalani program Diet,dan bisa dijadikan makanan pengganti.

3. Pisang Berwarna Kuning Sempurna (Sudah Matang)

Pisang jenis ini memang sudah matang,jadi rasanya pasti manis dan wangi. Karena banyak mengandung gula,maka pisang jenis ini bisa dijadikan sumber energi yang baik. Cocok untuk dijadikan camilan saat berolahraga maupun beraktivitas lain yang butuh tenaga ekstra.

Selain itu pisang yang sudah matang juga bermanfaat untuk mengatasi konstipasi. Konstipasi atau sembelit adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan buang air besar karena rutinitas BABnya terganggu sehingga tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan.

4. Pisang Berbintik Coklat

Pisang yang tadinya berwarna kuning,kalau didiamkan lama-lama akan berbintik coklat. Pisang dalam kondisi warna seperti ini punya anti oksidan tinggi dan punya zat anti kanker serta berguna menjaga imunitas. Baik untuk dikonsumsi penderita kanker,maupun yang ingin menghindari bahaya kanker.

5. Pisang Coklat

Pisang telah berubah warna kulit menjadi coklat,namun masih bisa dikonsumsi,bukan busuk sekali.
Pisang jenis ini punya kadar gula tinggi dan anti inflamasi (peradangan)
Jadi pisang yang sudah berwarna coklat ini cocok untuk menaikkan kadar gula darah yang rendah,dan

Pisang memang kaya manfaat terutama sebagai sumber energi juga untuk menjaga kesehatan pencernakan.Selain itu pisang yang kaya anti oksidan bisa menghindarkan kita dari bahaya terkena kanker usus.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel