Rekomendasi 5 Buah Yang Cocok Untuk Pendamping ASI

Rekomendasi 5 Buah Yang Cocok Untuk Pendamping ASI

Ketika bayi telah siap untuk diberi makanan pendamping asi (MPASI) untuk pertama kalinya,maka sebagai orangtua kita harus cermat dalam memilih makanan yang tepat bagi bayi tersebut. Karena tidak semua bahan makanan bisa kita berikan pada bayi yang baru mau belajar makan,maka pengetahuan seperti ini sangat penting.

Ketika bayi sudah siap makan pertamanya,biasanya saat menginjak usia 6 bulan,maka bayi boleh diberikan makanan yang teksturenya lembut. Karena baru belajar bayi cukup dikasih makan 2x sehari dulu,nanti kalau sudah 8 bulan atau lebih bisa diitambahkan jadi 3x sehari dan teksturenya bisa dibuat agak kasar sedikit.

Buah merupakan salah satu makanan pendamping ASI yang disarankan. Nutrisi yang banyak serta kandungan air yang cukup,membuat buah cocok sebagai makanan perkenalan dan pendamping ASI.
Namun ingat Bunda,tidak semua buah boleh diberikan pada bayi Anda.
Berikut kami coba rekomendasikan beberapa buah yang boleh diberikan pada bayi yang baru belajar makan.

5 Buah Yang Baik Untuk MPASI;

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang kaya dengan serat dan potasium. Teksture pisang yang lembut dan mudah dikerok dengan sendok mempermudah penyajiannya. Pisang boleh diberikan untuk bayi,namun dengan takaran yang sedikit atau secukupnya saja,untuk menghindari bayi mengalami konstipasi atau sembelit.

2. Alpukat

Alpukat  (Avocado) mengandung banyak lemak baik yang sangat cocok untuk perkembangan si kecil. Asam lemak tak jenuh tunggalnya bisa mengurangi peradangan.Kandungan asam lemak omega 3 pada alpukat jelas penting untuk perembangan otak bayi. Rasanya tak terlalu manis,sehingga baik untuk kesehatan bayi. Teksturenya juga lembut dan mudah disajikan.

3. Buah Bit

Buah bit banyak mengandung  vitamin,serat dan antioksidan. Anda bisa menambahkan buah bit pada sereal atau bubur bayi Anda

4. Buah Naga

Buah Naga memiliki kandungan karbohidrat,zat besi dan vitamin C. Buah naga bisa mengenyangkan dan rasanya tak terlalu manis,sehingga Anda tak perlu khawatir bayi Anda kelebihan gula.

5. Pepaya

Pepaya,mangga dan buah-buah lain yang mengandung asam bisa diberikan setelah bayi berusia 7 bulan. Pepaya misalnya punya kandungan asam folat,vitamin A,kalsium,natrium dan serat yang banyak.


Ada beberapa catatan untuk memberikan MPASI berupa buah-buahan pada bayi yang berusia 6 bulan,yakni:

1. Cara menyajikannya mula-mula harus dengan teksture yang lembut,bisa dibuat bubur lembut atau dicampurkan dengan ASI.

2. Frekuensi awal pemberian makan cukup 2x sehari,ingat ini hanya memperkenalkan makan terlebih dahulu,nanti kalo sudah 7-8 bulanan bisa ditambah frekuensi makannya.

3. Jangan memaksa bayi Anda makan banyak-banyak. Jangan mengukur dengan angan-angan Anda tapi lihat kebutuhan bayi dan kempuannya menerima makanan.

4. Kalau bisa cari buah yang benar-benar organik,agar bebas pestisida dan zat-zat berbahaya. Bisa juga yang kualitasnya baik dan matang sempurna. Jika Anda mencurigai buah itu matang tidak wajar dan rasa serta teksturenya aneh jangan diberikan pada bayi.

Bayi yang baru belajar makan biasanya dimulai dengan beberapa sendok dulu,bahkan 2-3 sendok saja juga tidak masalah. Jangan memaksa menyuapinya terlalu banyak.  Ingat yang lebih penting adalah ASI. Nanti kalau sudah 8 bulan bisa ditingkatkan frekuensi dan jumlah suapannya.



Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi 5 Buah Yang Cocok Untuk Pendamping ASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel