7 Manfaat dan Keunggulan Beras Merah Dibandingkan Beras Biasa

7 Manfaat dan Keunggulan Beras Merah Dibandingkan Beras Biasa

Jenis-jenis Beras

Beras yang merupakan sumber karbohidrat dan makanan utama masyarakat benua Asia pada umumnya. Beras memang memiliki jenis yang beragam. Jenis-jenis beras bisa dibedakan melalui warna,kualitas maupun asal negaranya.

Berdasarkan warnanya,beras bisa dibedakan menjadi beras putih,beras hitam dan beras merah. Berdasarkan asal negaranya,selain dari Indonesia kita mengenal beras dari Jepang,Korea,India dan Thailand.

Berdasarkan kualitasnya kita biasanya membedakan dengan melihat tekstur yang pulen dan tidak pulen. Bisa juga dengan aromanya. Beras yang enak dan berkualitas tinggi biasanya gabungan dari tekstur yang pulen,aroma yang harum mengugah,dan warnanya yang putih.

Tapi manakah yang lebih sehat dari beberapa kategori beras tersebut? Yak benar beras merah dan berashitam. Hampir semua masyarakat milenial tahu jika beras merah utamanya,memiliki segudang manfaat bagi kesehatan,sehingga jadi alternatif pilihan menu untuk orang yang menjalani program diet.

Manfaat  Beras Merah Bagi Kesehatan

1. Membantu Program Diet

Kandungan serat yang lebih banyak pada beras merah membuatnya bagus untuk pencernakan kita. Pencernakan lancar tentu pembuangan juga lancar.

2. Baik untuk penderita diabetes

Kandungan serat tinggi dan asam fitat pada beras merah sangat baik untuk kesehatan sehingga bisa jadi alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi biasa bagi penderita diabetes.

3. Mengandung antioksidan tinggi

Kandungan antioksiden yang tinggi pada beras merah bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun tubuh (detoksifikasi).

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Serat dan antioksidan yang melimpah pada beras merah bisa membantu membersihkan plak pada arteri jantung,sehingga aliran darah ke jantung menjadi lancar. Jadi beras ini bisa jadi alternatif yang baik untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung selain oat.

Selain itu beras merah juga mengandung asam gamma-aminobutyric yang mampu mengurangi kadar kolesterol.

5. Mengurangi Depresi/Stress

Beras merah kaya akan kandungan asam amino esensial yang bisa meningkatkan produksi serotonin di otak sehingga bisa mengurangi depresi atau stress.

6.  Menjaga Tulang Tetap Sehat

Beras merah mengandung mineral seperti magnesium dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

7. Membantu Menyehatkan pencernakan.

Mengkonsumsi beras merah yang kaya serat secara teratur bisa mencegah penyakit pencernakan seperti maag,kembung dan sembelit.

Mengingat banyaknya manfaat beras merah seperti yang tertulis diatas,diharapkan masyarakat bisa memiliki alternatif yangbaik untuk memperjuangkan hidup yang lebih sehat.

Karena tubuh yang sehat menghasilkan otak dan badan yang sehat. Sehingga produktivitas dan kualitas hidup bisa tetap terjaga. Karena memang hidup itu "Enak Sehat"

Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat dan Keunggulan Beras Merah Dibandingkan Beras Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel