Penyebab Bayi Panas Dan Muntah Serta Boleh Tidaknya Dimandikan

Penyebab Bayi Panas Dan Muntah Serta Boleh Tidaknya Dimandikan
Demam (panas) adalah kondisi tubuh yang mengalami lonjakan suhu menjadi tinggi atau diatas normal. Biasanya dimulai dari 38 C. Panas tinggi ini biasanya disebabkan karena reaksi tubuh yang mengalami infeksi,sehingga sistem kekebalan tubuh berjuang untuk melawannya,yang menyebabkan badan jadi panas.

Jika panas atau demam ini terjadi pada bayi Anda tentu saja kita jadi lebih was-was dan takut. Bayi yang masih terlalu muda apalagi,belum punya sistem kekebalan tubuh yang baik,sehingga rentan sakit. Sekecil apapun memburuknya kondisi kesehatan bayi,memang patut kita waspadai.

Penyebab Bayi Panas Dan Muntah

Biasanya bayi yang mengalami demam atau panas juga mengalami mual dan muntah. Jika ini terjadi mungkin bayi Anda demam karena infeksi saluran pencernakan yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Bakteri Salmonella dan E Colli merupakan jenis bakteri yang sering menyerang anak-anak.

Penyebab bayi panas dan muntah lainnya adalah infeksi saluran pernapasan,biasanya ditandai dengan batuk,pilek dan sesak. Selain itu,mungkin saja bayi Anda mengalami infeksi saluran kencing dan infeksi telinga.

Infeksi saluran kencing pada bayi biasanya membuat kencingnya berbau tidak wajar. Infeksi saluran telinga membuat bayi tidak nafsu makan,panas dan muntah. Selain itu juga keluar cairan kotoran yang berbau menyengat.

Benar atau Tidak Bayi Yang Sedang Panas dan Muntah Tidak Boleh Dimandikan?

Sebenarnya tentang larangan mandi ini,tergantung usia bayi dan air yang buat memandikan bayi.
Bayi berusia 0-6 bulan yang sedang demam dan muntah,sebaiknya jangan dimandikan dulu,tapi cukup dilap dengan air hangat dan gantilah bajunya setiap kali sudah terasa agak lembab.

Biasanya bayi yang sedang panas dan muntah memang badannya agak lengket dan lembab,karena keringat akibat demamnya. Jadi menjaga baju bayi tetap kering akan membuatnya lebih nyaman dan tidur lebih pulas.

Untuk bayi yang berusia lebih dari 6 bulan,kalaupun ingin memandikan harus dengan air hangat. Air hangat akan membuat suhu tubuh bayi sama dengan kondisi air,sehingga bayi tidak akan menggigil.
Jika bayi terlihat menggigil langsung angkat dan selimuti dengan handuk yang tebal.

Bayi yang sedang panas atau demam tinggi jangan diberi pakaian berlapis-lapis ya Bunda,karena akan membahayakan kondisi tubuhnya. Secukupnya saja,yang hangat dan nyaman.

Bayi usia 0-6 bulan yang mengalami demam sebaiknya langsung di bawa ke dokter,untuk berjaga-jaga hal-hal yang tidak diinginkan. Sedangkan untuk bayi diatas 6 bulan bisa Anda beri paracetamol dan ibuprofen untuk bayi. Namun jika panas tak kunjung mereda sebaiknya langsung dibawa ke dokter anak.

Menangani bayi yang sedang panas,muntah apalagi tidak nafsu makan,memang butuh kewaspadaan,ketelitian dan kesabaran yang tinggi ya Bunda. Jadi upayakan untuk selalu mencari sumber informasi yang benar dan mintalah bantuan pada dokter anak.

Menghubungi dokter spesialis anak dan bukan sekedar dokter umum sangat penting ketika kondisi kesehatan bayi sedemikian memburuk. Karena kita harus mendapat pertolongan yang tepat untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bayi.
Salam Enak Sehat :)

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Bayi Panas Dan Muntah Serta Boleh Tidaknya Dimandikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel