Mengenal Penyakit Syaraf ALS Yang Menyerang Stephen Hillenburg Kreator Spongebob Dan Fisikawan Stephen Hawking

Mengenal Penyakit Syaraf ALS Yang Menyerang Stephen Hillenburg Kreator Spongebob Dan Fisikawan Stephen Hawking.
Fisikawan Stephen Hawking doc:Chemtrailplanet

Beberapa hari lalu si pembuat serial kartun fenomenal Spongebob SquarePants Stephen Hillenburg dipastikan meninggal dunia karena penyakit syaraf yang di sebut Amyotrophyc Lateral Sclerosis (ALS),yang ia derita sejak Maret  2017.

Sebelum Stephen Hillenburg,tokoh ilmuwan fisika Stephen Hawking juga meninggal karena penyakit ALS pada tanggal 14 Maret 2018 lalu. Namun yang mencengangkan Stephen Hawking bisa bertahan hidup dengan penyakit ALS lebih dari satu dekade.

Lalu apa sih sebenarnya penyakit ALS itu?

Penyakit Amytrophyc Leteral Sclerosis atau ALS merupakan penyakit syaraf langka akibat kerusakan saraf motorik sehingga menurunkan fungsi motorik seseorang. Ketika otak memerintahkan tubuh untuk bergerak misalnya berjalan,bicara dan lain-lain,otak akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf. Serabut saraf yang ada di otot yang menangani fungsi motorik inilah yang di sebut saraf motorik

Ketika saraf motorik fungsinya menurun atau rusak,maka otomatis dia tidak bisa menjalankan perintah dari otak untuk melakukan gerakan pada tubuh manusia. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan penyakit ALS.

Sayangnya belum diketahui dengan pasti apa yang memicu kerusakan atau penurunan (degenerasi) saraf motorik ini.  Penyakit ALS bisa menyerang lebih dari satu orang dalam sebuah keluarga,kejadian ini biasa di sebut FALS ( Familia Amyotrophyc Lateral Sclerosis)

Gejala Penyakit ALS

7 gejala penyakit ALS diantaranya;

1. Otot : melemahnya otot,kram otot,kejang dan terjadi penyusutan massa otot.

2. Anggota badan :Kehilangan kendali dalam menggerakan tubuh,bahkan terjadi kelumpuhan.

3. Mulut : Menjadi sulit berbicara dan air liur jadi banyak tak terkendali juga sulit ditelan,sehingga sering tersedak.

4. Mengalami sembelit

5. Mengalami gangguan penyerapan nutrisi

6. Kesulitan bernafas.

7. Gampang kelelahan.

Cara Mengobati Penyakit ALS 

Segera hubungi dokter syaraf jika mengalami gejala mencurigakan seperti gejala penyakit ALS diatas. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti dengan Scan dan MRI,pemeriksaan urine,biopsi (pengambilan contoh jaringan saraf) dan lain-lain.

Jika penyakit ALS sudah menyerang sampai level yang parah maka akan dilakukan berbagai terapi,baik itu terapi fisik,terapi wicara,alat bantu pernapasan,dan juga menerapkan diet tertentu bagi pasien.

Karena penyakit ALS ini biasanya disadari ketika sudah terlanjur parah,maka kewaspadaan kita akan penyakit ini juga harus ditingkatkan.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Penyakit Syaraf ALS Yang Menyerang Stephen Hillenburg Kreator Spongebob Dan Fisikawan Stephen Hawking"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel