Cara Mengatasi Kesemutan Tangan Dan Kaki Yang Sering Terjadi

Cara Mengatasi Kesemutan Tangan Dan Kaki Yang Sering Terjadi

Kesemutan atau gringgingen (jawa) pada umumnya terjadi karena kondisi dimana saraf di areal yang kesemutan tertekan sehingga aliran darah ke saraf tersebut menjadi tidak lancar. Anggota tubuh yang sering kesemutan biasanya tangan dan kaki,yang tiba-tiba menjadi terasa kebas,geli dan seperti tertusuk jarum.

Dalam istilah kedokteran kesemutan disebut sebagai Parestesia
Kesemutan alias Parestesia ini ada yang bersifat sementara,namun ada juga yang berkepanjangan. Kesemutan yang berulang-ulang dan berkepanjangan disebut Parestesia Kronis.

Cara Mengatasi Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki 

Kesemutan yang terjadi sementara mungkin karena Anda duduk terlalu lama,atau menindih tangan dan kaki dalam waktu yang cukup lama,bisa diatasi cukup dengan melepaskan tindihan atau tumpuan pada anggota tubuh tersebut.

Kesemutan sementara yang terjadi cukup sering ternyata juga bisa disebabkan oleh penyakit Raynaud. Penyakit Raynoud membuat pasokan darah ke area tertentu tubuh menjadi berkurang sehingga membuat penderitanya sering merasa kesemutan.

Penyebab Kesemutan berkepanjangan atau Parestesia Kronis antara lain

1. Kekurangan vitamin B12
2. Ketidakseimbangan hormon
3. Penyakit Multiple Sclerosis yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang selaput pelindung saraf (mielin).
4. Penyakit Kronis seperti Diabetes,ginjal,Hati,Kanker dan Stroke.
5. Obat-obatan untuk penyakit tertentu seperti kemoterapi,obat anti kejang,antibiotik dan obat HIV/AIDS

Jadi untuk mengatasi kesemutan yang kronis Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya dengan pemeriksaan dan konsultasi dokter. Selain itu penerapan gaya hidup sehat dan rajin berolahraga akan membantu Anda terhindar dari kesemutan. 
Jika Anda sedang menderita penyakit kronis maka Anda harus rajin kontrol dan konsultasi ke dokter

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Kesemutan Tangan Dan Kaki Yang Sering Terjadi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel