Cara Cepat Menangani Luka Bakar Agar Tidak Semakin Parah

Cara Cepat Menangani Luka Bakar Agar Tidak Semakin Parah

Luka bakar biasanya didapat gara-gara sebuah insiden yang tak terduga. Kejadian yang cepat dan rasa sakit panas sekaligus perih pada luka membuat kita harus berpikir cepat untuk mengatasinya.
Berbagai mitos di masyarakat pun berkembang,namun bagaimana seharusnya menangani luka bakar?

Luka bakar bisa terjadi diantaranya karena ketumpahan minyak panas,menyenggol benda panas seperti knalpot,ketumpahan sayur atau air panas,terpapar sumber panas dan lain-lain.
Untuk insiden yang kecil yang membuat luka bakar ringan,sebenarnya ada tindakan secepatnya yang harus dilakukan.

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Ringan.

Ketika kita mendapatkan luka bakar entah tersiram minyak,terkena knalpot motor dan lain-lain,yang pertama harus kita lakukan adalah mengaliri luka tersebut dengan air mengalir selama 30 menit.
Hal ini penting dilakukan untuk menjaga agar kerusakan jaringan tidak semakin parah dan mengenai bagian jaringan dalamnya.

Adegan seperti ini sering kita lihat di drama Korea,ketika ada adegan terkena air atau makanan  panas,dan kulit jadi terbakar. Setelah mengaliri luka bakar dengan air selama 30 menit,Anda bisa melanjutkan dengan mengeringkan dan mengolesi dengan salep untuk luka bakar dan juga minum obat pereda rasa nyeri.

Bahan-bahan Alami Untuk Menangani Luka Bakar Yang Benar:

1. Madu

Madu merupakan bahan alami untuk meringankan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Diketahui madu memiliki kandungan anti radang,anti bakteri dan anti jamur yang sangat berguna bagi proses penyembuhan luka bakar ringan.

2. Lidah Buaya

Sama seperti madu lidah buaya juga memiliki zat anti radang. Selain itu lidah buaya yang memang terkenal sangat baik untuk perawatan kulit ini,mampu mempercepat penyembuhan luka bakar karena gelnya yang dingin dan melembabkan kulit,juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Ingat..!!" Yang Dilarang Dilakukan Ketika Anda Mendapatkan Luka Bakar

1.Tidak boleh mengolesi luka bakar dengan odol atau pasta gigi,karena bisa meningkatkan infeksi dan mengiritasi kulit.

2. Tidak boleh mengolesi luka bakar dengan minyak,baik minyak zaitun,minyak kelapa,apalagi minyak rem,hihi.. Hal ini disebabkan karena minyak menahan panas sehingga kulit justru makin terbakar.

3. Tidak boleh mengolesi luka bakar dengan putih telur,karena bisa membuat iritasi kulit juga.

4. Tidak boleh mengolesi luka bakar dengan mentega juga,karena bisa membuat infeksi.

5. Tidak boleh menggunakan air es,apalagi ditempelkan pada luka langsung karena bisa merusak kulit yang luka. Gunakan air biasa yang mengalir.

Dan yang terpenting luka bakar yang parah harus langsung dibawa ke rumah sakit untuk penanganan medis. Cara-cara diatas hanya untuk luka bakar yang ringan ya sobat Enak Sehat. CMIIW :)

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Menangani Luka Bakar Agar Tidak Semakin Parah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel