9 Manfaat Buah Jeruk Beserta Kulitnya Bagi Kesehatan,Kecantikan Dan Ibu Hamil

9  Manfaat Buah Jeruk Beserta Kulitnya Bagi Kesehatan,Kecantikan Dan Ibu Hamil

Jeruk merupakan salah satu buah favorit yang gampang sekali ditemukan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena budi daya buah Jeruk banyak terdapat diberbagai daerah di Indonesia.
Buah jeruk yang relatif murah dan dijual mulai dari lapak kaki lima sampai pasar modern ini,sangat mudah dijumpai.

Asal Usul Buah Jeruk

Jeruk manis dan Lemon diduga berasal dari wilayah Asia Timur dan Asia Selatan,seperti Jepang,India dan Cina. Namun khusus untuk varitas jeruk Bali,jeruk purut,jeruk nipis dan jeruk limau tentu saja berasal dari Asia Tenggara,yakni Malaysia dan Indonesia

Baru setelah itu menyebar ke Australia dan seluruh dunia. Negara penghasil jeruk terbesar saat ini adalah Brazil. Keanekaragaman rasa dan jenis buah Jeruk disebabkan oleh faktor alami,dan pembudidayaan manusia. Jeruk manis yang banyak beredar belakangan ini,merupakan hasil budidaya dari para petani Jeruk di Cina.

Manfaat Buah Jeruk

1.Sumber Vitamin dan Serat

Tentu kita semua banyak yang tahu jika Jeruk merupakan sumber Vitamin C dan banyak mengandung serat. Sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

2. Manfaat Ajaib Jeruk Bagi Kecantikan dan Kesegaran Kulit

Banyaknya produk kecantikan yang menawarkan produk yang mengandung vitamin C tentu saja karena banyak manfaatnya. Bahkan Anda bisa menggunakan begitu saja buah jeruk dan kulitnya,sebagai masker untuk mengusir noda hitam dan jerawat.

Cukup dengan menggoskkan daging buah jeruk lemon dan kulit jeruk bagian dalam secara teratur,maka masalah penuaan dini,noda hitam,kulit wajah berjerawat akan hilang.
Menambahkan aroma jeruk pada air mandi Anda,juga sangat membantu kulit jadi rileks dan segar alami bercahaya.


3. Sebagai Penangkal Berbagai Penyakit Serius

Kandungan Vitamin C dan flavonoid dalam Jeruk bisa menangkal radikal bebas sehingga mencegah banyak penyakit berbahaya yang berpotensi menganggu kesehatan tubuh. Penyakit-penyakit seperti Kanker,Jantung,bahkan Stroke bisa kita cegah jika kandungan vitamin C dan flavonoid dalam tubuh tercukupi dengan baik.

4. Sebagai Pereda stress

Aroma Jeruk dan kulit jeruk yang segar bisa menenangkan syaraf sehingga meredakan stress,bahkan hanya dengan membaui buah dan kulitnya saja.

5. Penyedap Masakan dan Aroma Kue

Kulit,buah dan daun jeruk sering kita jumpai sebagai salah satu bahan untuk penyedap rasa masakan. Jeruk nipis,jeruk lemon,dan daun jeruk purut purut bisa menambah aroma masakan serta mengurangi bau amis. Kulit jeruk lemon bisa menambah aroma segar pada kue yang dipanggang

6. Bahan Pembersih Perabotan

Sisa perasan jeruk nipis maupun lemon,bisa Anda tambahkan ke cairan pencuci piring Anda sebagai bahan pembersih dan membuat perabotan yang di cuci lebih kesat dan bersih. Selain itu bau amis juga akan hilang dengan sendirinya

7. Pengusir Nyamuk dan Serangga

Kulit jeruk hasilkonsumsi Anda,bisa Anda letakkan disudut kamar maupun rumah yang sering didatangi semut,kecoa dan nyamuk,niscaya mereka akan malas ke rumah Anda. Hal ini disebabkan karena aroma jeruk memang dibenci serangga.

8. Pemutih Gigi

Apabila Anda rutin menggosokkan kulit jeruk bagian dalam ke gigi Anda,maka gigi putih bersih alami akan Anda miliki,tanpa harus keluar ongkos banyak.

9. Jeruk Sangat Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Rasa buah jeruk yang asam,manis dan segar bisa mengurangi rasa mual dan muntah yang dialami ibu selama hamil. Kandungan vitamin C dan Kalium sangat baik buat sistem imun ibu dan janin. Asam folat pada jeruk juga bisa membantu perkembangan syaraf dan otak janin.
Jadi Jeruk bisa jadi pilihan alternatif kudapan yang baik untuk ibu yang sedang hamil.

Dari berbagai manfaat jeruk diatas tentu bisa kita simpulkan bahwa untuk bisa memelihara kesehatan tubuh,kita sebenarnya bisa memanfaatkan buah-buah segar dan relatif murah yang banyak tersedia di sekitar kita,seperti jeruk ini.

Namun bagi Anda yang punya keluhan sakit maag maupun penyakit lain yang tidak dianjurkan mengkonsumsi banyak vitamin C,sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi Jeruk.


Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat Buah Jeruk Beserta Kulitnya Bagi Kesehatan,Kecantikan Dan Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel