Kandungan Gizi,Vitamin Dan Mineral Dalam Buah Nanas

Kandungan Gizi,Vitamin Dan Mineral Dalam Buah Nanas

Buah nanas merupakan salah satu jenis buah yang banyak terdapat di Indonesia. Buah nanas di Indonesia terdiri dari berbagai macam jenis. Nanas memang mudah tumbuh dalam kondisi cuaca apapun,sehingga cenderung mudah dibudidayakan.

Selain itu,buah nanas juga cenderung tahan terhadap penyakit buah yang menyerang,sehingga kemungkinan keberhasilan panennya,cukup tinggi.

Selama kita memakan buah nanas kita mengenali nanas dengan dua rasa. Nanas ada yang bercita rasa manis asam dan meninggalkan rasa gatal atau serak di bibir dan tenggorokan. Dan ada nanas madu yang sekarang banyak kita temukan di pasaran karena lebih unggul dalam rasa. 

Nanas madu punya cita rasa manis dan legit tanpa meninggalkan rasa gatal,meski bentuk fisiknya lebih kecil. Nanas madu yang paling terkenal salah satunya dari daerah Pemalang. Sebanyak 89,94% produksi nanas Jawa tengah disupply dari wilayah ini. Nanas madu asal Pemalang bentuknya kecil,wangi,manis dan tanpa meninggalkan rasa gatal sedikit pun.

Kandungan Gizi Dan Vitamin Buah Nanas 

Nanas tersusun dari karbohidrat dan air. Kandungan air buahnya sebanyak 80%. Kandungan berbagai vitamin dan mineral buah nanas juga sangat banyak.
Buah nanas paling banyak mengandung Vitamin C,selain itu buah kuning ini juga punya kandungan Vitamin B,Vitamin B6,Vitamin K,Vitamin A,Folat,Thiamin,Rhiboflavin dan Niacin.

Kandungan mineral buah nanas antara lain; Zat besi,kalsium,fosfor,Magnesium,potasium,Zinc,Tembaga dan Mangan. Kadar mineral yang paling banyak dimiliki Nanas adalah Potassium.

Selain mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral,buah nanas juga banyak mengandung anti oksidan dan enzim Bromelain,sebuah enzim yang hanya dimiliki oleh buah nanas. Fungsi enzim Bromelain adalah sebagai zat anti inflamasi (Peradangan). Sehingga bagus untuk mempercepat pemulihan kerusakan sel tubuh.

Manfaat Buah Nanas

Dengan kandungan karbohidrat yang berasal dari serat,gula dan air dalam buah nanas,membuat buah nanas bagus dikonsumsi saat haus maupun lapar. Buah nanas juga sangat bagus untuk membantu pemulihan kebugaran tubuh,mengingat banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya.

Selain itu,buah nanas juga bagus untuk membantu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker,karena kandungan enzim Bromelain yang juga bisa berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker,bahkan mampu membunuh sel kanker tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel