Cara Mengatasi Dan Meredakan Batuk Berdahak Dan Batuk Kering Secara Alami

Cara Mengatasi Dan Meredakan Batuk Berdahak Dan Batuk Kering Secara Alami

Batuk memang salah satu penyakit yang umum dan sering menyerang kita semua. Yang membuat kita kesal adalah batuk yang tak kunjung reda,dan frekuensinya sering,sehingga menganggu aktivitas dan kegiatan bersosial kita.

Pengertian Batuk

Batuk merupakan gejala alami tubuh yang sedang merespon benda asing atau partikel berbahaya yang ada di sistem pernafasan kita. Dahak yang menyertai batuk berfungsi sebagai cairan yang menjaga kelembaban saluran nafas,juga berfungsi untuk mengeluarkan benda asing,partikel berbahaya termasuk virus dan bakteri penyebab batuk.

Batuk bisa dibedakan menjadi batuk kering dan berdahak.

1. Batuk berdahak terjadi karena tubuh menghasilkan banyak lendir pada saluran pernapasan.
2. Batuk kering tidak banyak menghasilkan dahak

Penyebab Batuk Berdahak dan Batuk Kering

1. Batuk berdahak disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri,misalnya ketika kita sedang flu. Dahak/lendir yang dihasilkan tubuh berfungsi untuk mengeluarkan virus dan bakteri tersebut. Jadi kalau batuk ya harus dikeluarkan dahaknya biar cepat sembuh.

2. Batuk Kering umumnya disebabkan karena alergi,asma,penyakit asam lambung (GERD) dan infeksi virus. Batuk kering biasanya berlangsung lebih lama karena saluran pernapasan yang menyempit.

Cara Meredakan Batuk Berdahak Secara Alami

1. Minum air putih yang banyak

Banyak minum air putih akan membantu tenggorokan menjaga kelembaban dan menurunkan ketegangan pada tenggorokan. Banyak minum air putih bisa menjaga kondisi cairan tubuh agar tidak dehidrasi.

2. Banyak istirahat

Yak,dengan banyak istirahat maka Anda memberi waktu untuk tubuh berkonsentrasi melawan virus/bakteri penyebab batuk,serta memulihkan stamina

3. Mengkonsumsi Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa mengencerkan dahak,sehingga lebih mudah dikeluarkan. Catatan penting,boleh mengkonsumsi nanas hanya jika Anda tidak sedang meminum antibiotik.

4. Minum madu di campur lemon

Madu yang dicampur perasan jeruk lemon bisa membantu melegakan tenggorokan Anda dan mengurangi rasa gatal di tenggorokan

5. Sup Ayam Hangat

Makan sup ayam hangat bisa menenangkan tenggorokan dan mengurangi dehidrasi akibat terlalu banyak mengeluarkan lendir atau dahak.

Cara Meredakan Batuk Kering

1. Banyak Minum Air hangat

Ya air putih hangat sangat bermanfaat untuk menenangkan tenggorokan sekaligus membantu melembabkannya. Jadi banyak-banyaklah konsumsi air putih hangat,untuk mengurangi frekuensi batuk dan mengurangi gatal tenggorokan

2. Kumur Dengan Air Hangat Di Campur Garam

Batuk kering biasanya disebabkan oleh iritasi,jadi berkumur dengan air hangat dicampur garam,bisa meredakan iritasi.

3. Banyak istirahat.

Jika Anda terkena batuk karena naiknya asam lambung,maka posisikan bantal agak lebih tinggi,untuk mencegah asam lambung naik ke tenggorokan dan semakin mengiritasinya.

4. Minum Daun Mint atau Permen Rasa Mentol

Anda bisa minum minuman hangat yang dicampur daun mint atau sekedar mengkonsumsi permen rasa mentol. Karena manfaat daun mint bisa membantu menenangkan bagian belakang tenggorokan Anda.

5. Sup Ayam Hangat.

Saya kira cara ini sering kita dengar,dan memang benar mengkonsumsi sup ayam baik untuk batuk. Kuah hangatnya bisa membantu merelaksasi tenggorokan dan uap nya bisa membantu melegakan pernapasan.

Selain cara-cara alami yang bisa kita coba di rumah untuk meredakan batuk tersebut,tentu saja Anda juga bisa mengkonsumsi obat batuk khusus untuk batuk berdahak,atau khusus untuk batuk kering. Dan pergi ke dokter untuk mencari tahu penyebab pasti batuknya tentu lebih bijak,bila sakit tak kunjung sembuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel