Panduan Mudah Memahami Arti Pandemi,Endemi ,Epidemi dan Wabah Suatu Penyakit

 Panduan Mudah Memahami Arti Pandemi,Endemi ,Epidemi dan Wabah Suatu Penyakit
ilustrasi by Gerd Altmann Pixabay

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) melalui Direktur Jendralnya yang bernama Tedros Adhanom Ghebreyesus mengumumkan status Covid-19/Corona virus sebagai Pandemi.

Pengumuman tersebut disampaikan pada Rabu Malam 11 Maret 2020,sekaligus menghimbau agar para pemerintah di negara-negara dunia mengambil tindakan mendesak dan agresif menangani virus Corona. Lalu apa sih sebenarnya maksud Pandemi itu?"

Sebelum mempelajari arti kata dari pandemi dan endemi,kita akan belajar terlebih dahulu mengenal istilah wabah dan Epidemi suatu penyakit.

Pengertian Wabah

Wabah adalah infeksi bakteri atau virus yang mematikan yang terjadi di masyarakat. Serangan wabah ini bisa terjadi pada lingkup yang kecil maupun yang lebih luas. Contohnya wabah malaria,wabah kolera dan lain-lain.

Pengertian Epidemi

Epidemi memiliki arti sebagai persebaran suatu wabah penyakit yang terjadi sangat cepat dan mematikan.

Pengertian Endemi

Endemi adalah serangan wabah penyakit yang terjadi di ruang lingkup regional suatu wilayah. Contohnya Wabah Malaria yang endemik terjadi di wilayah Papua.

Pengertian Pandemi

Pandemi biasanya mengacu pada suatu wabah penyakit baru yang menyebar dengan cepat dan mematikan dalam jangkauan wilayah geografis yang sangat luas,seperti terjadi dan menyebar di banyak negara.

Pandemi juga bisa diartikan sebagai epidemi penyakit yang telah meluas penyebarannya melampaui negara bahkan lintas benua dan telah menewaskan banyak orang.

3 Ciri Penyakit Dinyatakan Pandemi

1. Merupakan jenis penyakit baru yang terjadi pada populasi tertentu
2. Penyakit tersebut menyebar dengan sangat mudah dan berkelanjutan pada manusia
3. Mengakibatkan sakit dengan gejala serius yang bisa mematikan pada manusia.

Contoh-contoh penyakit yang pernah di sebut pandemi selain virus Corona diantaranya virus Flu Burung,AIDS dan SARS.

Virus corona/COVID-19 sendiri sampai saat ini telah menginfeksi 121.564 dengan angka kematian mencapai 4.373 orang,dan sisanya dinyatakan sembuh.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel