Virus Corona,Pengertian,Gejala Dan Cara Pencegahannya

Virus Corona,Pengertian,Gejala Dan Cara Pencegahannya

Sepekan terakhir dunia kesehatan dunia digemparkan dengan kejadian luar biasa tentang wabah virus Corona. Virus ini pertama kali muncul di Wuhan,Cina. 

Virus corona setidaknya telah menewaskan 41 orang dan membuat Wuhan di karantina total. Penyebaran virus ini juga telah mencapai ke beberapa negara melalui turis yang bepergian ke negara tersebut.

Saat ini kasus virus Corona telah dikonfirmasi masuk ke Amerika Serikat,Perancis,Nepal,Taiwan,Vietnam,Thailand,Australia,bahkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura kabarnya juga telah memiliki pasien yang diduga terkena virus corona.

Apakah Virus Corona Sudah Masuk Ke Indonesia?

Awalnya beredar kabar bahwa salah satu pasien di RSPI Sulianti Suroso,Jakarta suspect virus Corona,karena menunjukkan gejala mirip pasien yang terkena virus Corona dan yang bersangkutan habis pulang dari perjalanan ke Cina.

Namun akhirnya setelah dilakukan pemeriksaan dan menunggu observasi melalui pemeriksaan laboratorium selama 2 hingga 3 hari,pasien tersebut dinyatakan negatif terjangkit virus corona.

Apa Sih Virus Corona Itu?

Virus Korona sebenarnya merupakan virus yang biasa menjangkiti burung dan mamalia. Mamalia di sini termasuk kelelawar dan manusia. Virus korona yang sedang melanda Wuhan,China adalah virus korona jenis baru yang berevolusi yang diberi nama novel coronavirus atau 2019-nCoV.

Virus ini diduga berasal dari hewan kelelawar yang jamak dijadikan ekstrim food berupa sup kelelawar yang beredar di kawasan pasar sea food Huanan,Wuhan,China.

Virus korona menyebabkan pasien menunjukkan gejala pneunomia akut yakni mengalami keluhan seperti sakit flu biasa namun disertai sesak nafas dan lemas. 

Gejala Pasien Terkena Virus Korona 

1. Demam
2. Flu
3. Batuk kering
4. Sesak nafas akut
5. Lemas

Cara Pencegahan Virus Korona

Pemerintah Indonesia telah menyiapkan pendeteksi panas tubuh atau termal scanner di sejumlah bandara dan pelabuhan di Indonesia dan mengintruksikan untuk menyiapkan ruangan isolasi khusus ke sejumlah rumah sakit di Indonesia. Kemenkes juga telah memperingatkan masyarakat akan bahaya penyakit ini dan diminta waspada.

Karena ini virus korona yang berevolusi dan merupakan jenis baru,maka belum ditemukan vaksin yang tepat untuk mengatasinya. Jadi yang bisa kita lakukan hanya menghindari negara endemik virus Corona dan selalu menjaga kebersihan juga menjaga asupan makanan kita untuk meningkatkan sistem imun.

Cara meningkatkan sistem imun agar tidak mudah terkena flu

1. Perbanyak makan buah dan sayur hijau
2. Banyak minum air mineral
3. Konsumsi protein dari daging dan ikan segar yang sehat
4. Olahraga

Cara Mencegah Agar Tidak Menularkan Flu

1. Tutup hidung dan mulut dengan lengan bagian atas dalam ketika batuk atau bersin.

Kenapa ini penting,karena jika menggunakan telapak tangan,maka telapak tangan tersebut rentan menularkan virus flu ke mana saja.

2. Gunakan masker ketika sakit flu menyerang
3. Buang tissue yang habis digunakan untuk mengelap ingus dengan benar.
4. Cuci tangan dengan menggunakan sabun cair dengan seksama,cuci dibawah air mengalir

Karena virus ini diduga menular dari makanan ekstrim,maka jauhi menyantap makanan dari hewan yang tidak seharusnya dikonsumsi manusia. Karena binatang liar bisa membawa berbagai virus dan bakteri berbahaya bagi tubuh manusia.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel