4 Kebiasaan Berbahaya Yang Biasa Dilakukan Setelah Makan

4 Kebiasaan Berbahaya Yang Biasa Dilakukan Setelah Makan

Banyak kebiasaan yang rutin dilakukan masyarakat setelah makan yang tanpa disadari memberikan dampak kurang bagus bahkan membahayakan kesehatan kita.

Kebiasaan tersebut terlihat biasa-biasa dan wajar-wajar saja,karena jamak dilakukan banyak orang,namun menurut medis,daftar hal-hal kecil yang dilakukan tersebut,bisa memberikan dampak buruk baik langsung maupun tidak langsung bagi kesehatan tubuh kita.

4 Daftar Kebiasaan Sehabis Makan Yang Bisa Membahayakan Kesehatan

1. Berbaring Apalagi Tidur

Sehabis makan berat,apalagi dengan menu karbohidrat tinggi seperti nasi,kadar glukosa tubuh kita jadi tinggi. Hal tersebut membuat mata kita mudah mengantuk,tapi please tahan dan jangan berbaring apalagi tidur. Kaum rebahan tolong ingat bahayanya berikut ini.

Bahaya rebahan atau tidur setelah makan

  • Memicu diabetes
  • Memicu penyakit lambung/GERD
  • Bikin Gemuk
2. Menggosok Gigi Langsung Setelah Makan

Kebiasaan ini sepertinya terdengar sehat,tapi ternyata menyikat gigi langsung setelah makan bisa membahayakan kesehatan gigi dan pencernakan yang sedang berlangsung.

  • Merusak email gigi
Kebiasaan menyikat gigi langsung setelah makan berbahaya bagi lapisan gigi kita karena bisa meningkatkan kadar asam di dalam mulut sehingga merusak email gigi. Tunggulah sampai lebih dari 20 menit.
  • Mengacaukan Proses Pencernakan
Saliva atau air liur kita diperlukan untuk proses pencernakan kita dan mempunyai PH normal tertentu,jika kita langsung menggosok gigi ,maka kadar PH tersebut bisa rusak,sehingga proses pencernakan tidak berlangsung sempurna

3. Berjalan Cepat,Berlari dan Berenang


Kadang setelah makan siang kita buru-buru untuk masuk kantor,karena takut terlambat,maka kita berjalan cepat,bahkan berlari. Lalu tiba-tiba perut kita terasa kram atau sakit. Kenapa hal ini terjadi?

Makanan yang habis kita makan tadi,ketika hendak dicerna oleh organ-organ pada pencernakan,perlu suplly aliran darah yang cukup,tapi karena kita berlari atau berenang,supply tersebut jadi kacau karena harus dibagi dengan kebutuhan aliran darah ke otot-otot tubuh,sehingga perut jadi kram.

4. Minum Teh Manis

Nah ini dia kebiasaan masyarakat awam yang sudah jadi kebiasaan. Minum teh manis sehabis makan bisa menghambat penyerapan kadar zat besi oleh tubuh kita. Zat tennin dan polifenol yang terdapat dalam teh,bisa menghambat penyerapan zat besi oleh organ pencernakan kita.

Zat besi sangat diperlukan untuk pembentukan hemoglobin,yang sangat penting agar kita tidak terkena anemia atau kurang darah.

Nah itu tadi empat kebiasaan sehabis makan yang harus kita hindari karena bisa menimbulkan masalah kesehatan. Mohon untuk diperhatikan karena  tentu lebih enak sehat dari pada sakit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel