Hoax Seputar Obat Mata Dan Kacamata Yang Di Klaim Menyembuhkan Gangguan Penglihatan

Hoax Seputar Obat Mata Yang Di Klaim Menyembuhkan Penglihatan

Hoax kesehatan merupakan jenis hoax yang menduduki  urutan kedua paling tinggi,yang beredar di sosial media,setelah hoax berbau politik. Tapi,hoax kesehatan tentu lebih berbahaya dari hoax jenis apapun,karena ini menyangkut kesehatan manusia.

Hoax seputar dunia medis ini sering disertai dengan caption atau penjelasan panjang lebar,bahkan dengan menyertakan klaim-klaim berupa artikel penelitian,yang sebenarnya belum tentu keakuratan dan penjelasannya.

Nah,kali ini,saya akan mencoba membedah hoax seputar kesehatan mata. Hoax ini sebenarnya pernah beberapa kali saya bahas,tapi karena hoax ini gak pernah ada habis-habisnya,maka akan kita update dan dilengkapi setiap saat.

Hoax Seputar Kacamata Dan Obat Mata Yang Di Klaim Bisa Menyembuhkan Kelainan Seputar Mata

1. Obat Tetes Mata Herbal

Obat tetes mata herbal yang diklaim bisa menyembuhkan  berbagai keluhan sakit mata,banyak beredar dan dijual bebas secara online maupun di klinik-klinik pengobatan herbal.Masalahnya klaim-klaim tersebut sudah sangat berlebihan,misalnya menyembuhkan mata minus,plus silinder dan lain-lain. Hal tersebut jelas-jelas konyol dan berbahaya.

Mata minus atau plus hanya bisa diatasi dengan kacamata maupun operasi lasik. Diakui atau tidak hanya itulah jalan keluar yang tepat. Obat-obatan herbal dengan klaim menyembuhkan kelainan mata,justru bisa membahayakan kesehatan mata Anda,karena tidak jelas higienis atau tidaknya.

Berapa banyak kesaksian yang menceritakan penggunaan obat herbal malah membuat mata mereka infeksi dan nyaris buta permanen. Jadi jangan coba-coba kalau masalah kesehatan mata,mata adalah jendela dunia,organ yang sangat mahal dan berharga bagi kita.

2. Kacamata Ion Dan Sejenisnya

Beberapa waktu lalu juga beredar iklan dan klaim seputar kacamata ion yang kabarnya mampu mengobati minus,plus,silinder,glaukoma dan lain-lain. Himpunan dokter mata indonesia PERDAMI sampai harus mengeluarkan pernyataan resminya.

Bahwa tidak pernah ada riset,uji klinis dan bukti ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan soal klaim-klaim bombastis di atas. Masyarakat di himbau untuk lebih kritis dan selektif dalam membaca dan mencari informasi terkait dunia medis.

3. Mata Di tetesi Air Kencing

Ini jelas-jelas ngawur banget. Air kencing itu sisa-sisa pembuangan dari tubuh dan banyak mengandung bakteri,jadi kalau ditetesin ke mata sangat berbahaya dan bisa menyebabkan infeksi.

4. Nutrisi Mata Diklaim Menyembuhkan Mata Minus/Plus?

Hoax selanjutnya seputar mata adalah klaim adanya sejenis nutrisi yang mampu mengobati mata plus/minus/silinder dan seterusnya. Klaim ini jelas-jelas tidak berdasarkan bukti dan penelitian ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan secara medis.

5. Kacamata Ultraviolet Atau Kacamata UV Protection Berbahaya

Ini tidak benar yah. Menggunakan kacamata sunscreen/uv protection/ultraviolet saat ke pantai atau ke luar ruangan saat cuaca panas tidak berbahaya bagi mata. Kacamata uv protection justru bisa menangkal sinar biru atau blue light yang terdapat pada sinar ultraviolet,agar tidak merusak mata.

Blue light pada sinar ultraviolet bisa menyebabkan kerusakan pada lensa mata yang bisa menimbulkan katarak. Kerusakan lainnya akibat ultraviolet biasanya merusak bagian makula mata sehingga mengakibatkan degenerasi makula.

Apa sih Degenerasi Makula Itu?

Degenerasi Makula atau bintik kuning,merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan penglihatan jadi kabur atau buram. Penderita degenerasi makula akan sulit mengenali wajah orang di depannya. Banyak faktor yang menyebabkan degenerasi mata. Selain faktor usia,juga karena terlalu sering terpapar sinar ultraviolet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel