Apakah Mencabut Gigi Bagian Atas Bisa Menyebabkan Buta?

Apakah Mencabut Gigi  Bagian Atas Bisa Menyebabkan Buta?

Gigi merupakan bagian terpenting dari mulut manusia,karena tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk melumatkan makanan,tapi juga membantu kemampuan proses berbicara.

Gigi merupakan bagian mulut manusia yang cukup rumit dan mengalami pertumbuhan secara sistematis,mengikuti pertumbuhan manusia pada usia tertentu. Saat anak-anak berusia  6 bulan-6 tahun,gigi mulai tumbuh,namun gigi tersebut masih berupa gigi susu.

Saat usia 6-12 tahun gigi tersebut akan jadi gigi permanen dan lengkap berjumlah 32 gigi. Gigi terdiri dari dua bagian,yakni gigi atas dan gigi bawah. Masing-masing jumlahnya sama,yakni 16 buah. Susunan gigi manusia atas bawah yang berjumlah 32 tersebut,dibedakan jadi 5 jenis gigi.

Jenis-jenis Gigi Manusia Beserta Fungsinya 

1. Gigi seri

Terdiri dari 8 buah ,biasa tumbuh sejak usia bayi baru berusia 6 bulan. Posisinya ada dibagian depan mulut,empat di atas dan empat di bawah. Berfungsi untuk menggigit makanan.

2. Gigi Taring

Berfungsi untuk merobek makanan. Masing-masing ada 4 buah,dua di atas dan dua di bawah,masing-masing mengapit gigi seri. Gigi taring mulai tumbuh sejak usia 1 tahun hingga menjelang 2 tahun.

3. Gigi geraham 

Gigi geraham berfungsi untuk mengunyah dan menggiling makanan,tapi gigi ini akan digantikan fungsinya oleh gigi premolar setelah berusia 10 tahun. Jumlahnya ada 8,4 diatas dan 4 di bawah

4. Gigi Premolar

Berjumlah 8 biji,4 di atas dan 4 di bawah. Gigi premolar berfungsi untuk mengunyah dan menggiling makanan. Gigi premolar berada di antara gigi taring dan gigi geraham.

5. Gigi geraham bungsu

Merupakan gigi yang paling terakhir tumbuh,jumlahnya ada 4,2 di atas dan 2 di bawah. Gigi ini letaknya juga paling belakang. Tidak semua orang mempunyai gigi geraham bungsu,karena gigi ini memang gigi susu yang kadang pertumbuhannya  membuat nyeri karena mendesak gigi lain dan bisanya harus di cabut.

Benarkah Mencabut Gigi Bagian Atas Mulut Bisa Membuat Mata Buta?

Setelah mengetahui anatomi gigi di atas,kita akan mengulik sebuah desas-desus atau mitos yang mengatakan bahwa mencabut gigi bagian atas,bisa membuat mata kita jadi buram bahkan buta.

Karena sudah di bilang di atas,kabar tersebut mitos,maka jelas ini tidak benar. Syaraf-syaraf pada gigi baik atas maupun bawah tidak ada yang berhubungan dengan syaraf mata. Jadi tidak mungkin mencabut gigi atas menyebabkan mata buta,pasti ada sebab lain.

Untuk itu jika diperlukan untuk mencabut gigi bagian atas,tidak perlu khawatir. Selalu datang dan diskusikan masalah gigi Anda pada dokter gigi,bukan tempat lain. Jangan mempercayai kabar dari sumber yang tidak jelas dan bukan ahlinya,karena bisa jadi,kabar tersebut termasuk Hoax Kesehatan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel