7 Cara Mengurangi Dampak Negatif Kecanduan Bermain HP

7 Cara Mengurangi Dampak Negatif Kecanduan Bermain HP

HP atau sekarang merujuk pada gadget berupa smartphone,memang merupakan barang wajib yang hampir dimiliki kebanyakan orang di Indonesia. Indonesia sendiri,masuk sebagai 6 besar negara dengan pengguna HP terbanyak di dunia.

Memang daftar negara dengan pengguna HP terbanyak yang di sampaikan oleh laman The Spectactor Index pada tahun 2018 lalu itu,di isi oleh negara-negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia,seperti Cina,India,Amerika Serikat,Brazil,Rusia dan Indonesia. Jadi kepadatan penduduk di suatu negara jelas berbanding lurus dengan jumlah kepemilikan HP.

Dengan banyaknya jumlah penduduk yang memiliki HP,maka sudah pasti negara tersebut menjadi target pasar bagi produsen HP atau smartphone kelas dunia. Berbagai merk HP dengan segala kecanggihan dan harga yang bersaing,membuat kita mempunyai banyak pilihan gadget yang sesuai dengan keinginan dan budget yang kita miliki.

Smartphone low cost pun sudah memiliki fitur dan aplikasi yang cukup bisa diandalkan untuk bisa menjelajahi dunia maya yang super seru dan mengasyikkan itu. Orang dari berbagai rentang usia sudah banyak yang mulai menjadikan gadget sebagai kebutuhan primer,dan memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap benda tersebut.

Dampak ketergantungan alias kecanduan bermain gadget smartphone ini,belakangan disadari semakin mengkhawatirkan. Bagaimana tidak,manusia seperti disihir untuk tidak bisa lepas dari handphone kesayangannya. Tidak ada waktu luang yang terlewat begitu saja,selama HP ada di genggaman.

Berbagai masalah pun mulai timbul,mulai dari masalah sosial dengan berkurangnya waktu bersosialisasi dengan orang-orang nyata sekitarnya,sampai masalah gangguan kesehatan yang serius. Dari berbagai masalah yang beredar,baik berupa hoax kesehatan sampai yang benar-benar nyata menganggu kesehatan kita,sebenarnya bagaimana menghindari dampak negatif bermain HP ini.

7 Dampak Negatif Bermain HP Antara Lain;

1.Memicu Depresi
2.Berkurangnya Konsentrasi
3.Insomnia
4.Mengurangi Produktivitas baik dalam bekerja,maupun belajar
5.Masalah Kesehatan Seperti Gangguan pada penglihatan atau mata,sakit pinggang dan punggung dan masalah gangguan syaraf lainnya
6. Gangguan Berat Badan
7. Resiko Penyakit Alzhaimer

Cara Mengurangi Dampak Negatif Kecanduan Bermain HP 

1. Agar Tidak Depresi

Depresi saat bermain HP bisa disebabkan oleh banyak faktor,mulai dari rasa kurang percaya diri sampai hadirnya akun-akun bermuatan negatif termasuk didalamnya hoax dan berita bermuatan politik.

Untuk menghindari depresi karena hal-hal diatas sebaiknya usahakan agar timeline atau segala sesuatu yang lewat di akun sosial media Anda adalah hal-hal positif. Perbanyak follow akun-akun berisi informasi yang positif,inspiratif atau akun-akun jenaka serta akun-akun yang sesuai hobi Anda

Unfollow saja akun-akun bermuatan politis,akun-akun tidak jelas yang suka memviralkan ujaran kebencian,berita tidak jelas sumbernya,hoax dan juga akun mantan. Selain mengurangi nafsu nyinyir,tentu juga akan mengurangi potensi kita berbuat dosa. Yang terpenting kesehatan mental akan lebih terjaga.

2. Mengatasi Konsentrasi Yang Berkurang

Konsentrasi yang berkurang gara-gara terlalu fokus bermain HP ini sangat berbahaya dampaknya bagi keselamatan,karir dan pendidikan Anda. Selalu tahan diri dan jauhkan jangkauan Anda agar tidak tergoda memegang HP di tempat-tempat umum yang rawan kejahatan,ketika sedang bekerja apalagi belajar.

3. Mengatasi Insomnia

Ini solusinya juga hanya menjauhkan diri dari jangkauan HP ketika Anda sudah memutuskan beristirahat. Caranya jangan letakkan HP di samping bantal atau di sekitar tubuh Anda,letakkan di meja atau tempat lain di kamar Anda.

4. Gangguan Produktivitas

Keasyikkan bermain HP jelas menganggu produktivitas kita. Selalu jadwalkan kapan Anda harus memainkan HP. Buat komitmen kapan waktu dan berapa lama Anda bisa bermain HP dengan santai. Tunaikan kewajiban Anda terlebih dahulu sebelum menghadiahi diri Anda dengan bermain HP.

5. Masalah Kesehatan 

Untuk mengatasi masalah kesehatan mata seperti pandangan jadi kabur,kering dan terkena kelainan seperti mata jadi minus,maka Anda harus sering-sering mengalihkan pandangan Anda dari layar HP. Setiap setidaknya 20 menit sekali,palingkan pandangan mata Anda jauh dari layar Hp.
Jika HP Anda memiliki fitur filter cahaya biru,Anda juga bisa mengaktifkannya untuk mengurangi resiko cahaya biru yang keluar dari layar HP Anda yang berbahaya tersebut.

Untuk mengurangi sakit pinggang,punggung dan gangguan otot serta syaraf,Anda bisa melakukan peregangan di sela-sela bermain HP. Ganti posisi bermain HP Anda setiap kali,agar tidak membebani bagian tubuh tertentu terus-terusan.

6. Gangguan Obesitas

Gangguan berat badan alias obesitas karena bermain HP disebabkan kacaunya sensor yang mengatur rasa lapar Anda. Sediakan air putih dan buah untuk mengurangi dampak ngemil dan makan junk food tidak sehat penyebab obesitas.

7. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Alzhaimer 

Produksi hormon neurotoxin yang menjaga kesehatan sel-sel otak akan terganggu jika Anda insomnia. Cara mengurangi resiko tersebut sama dengan cara mengatasi insomnia diatas,selalu jaga pola tidur Anda dengan menjauhkan jangkauan dan godaan bermain HP di jam-jam istirahat Anda.

Itulah ke tujuh cara agar kita bisa mengurangi dampak negatif bermain smartphone yang berlebihan. Intinya adalah kesadaran,komitmen dan keinginan yang kuat untuk bermain HP dengan memperdulikan batasan-batasan yang sehat. Karena hidup memang Enak Sehat :)





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel