Dari Kesehatan Hingga Kosmetik,Inilah 5 Klaim Soal Manfaat Ganja Yang Beredar

Dari Kesehatan Hingga Kosmetik,Inilah 5 Klaim Soal Manfaat Ganja Yang Beredar

Belakangan ini ganja memang sedang menjadi buah bibir yang kontroversial. Beberapa klaim tentang manfaat ganja beredar luas,dari manfaatnya untuk kesehatan hingga kosmetik. Di Indonesia sendiri ganja masih masuk ke dalam tanaman jenis narkotika yang dilarang keras,,sehingga tidak bisa sembarangan kita tanam apalagi kita gunakan.

Beberapa waktu lalu bahkan ada seorang bernama Fidelis Ari Sudarwoto asal Sangau,Kalimantan Barat,di vonis 8 bulan penjara karena menanam ganja untuk obat sang istrinya yang  mengidap penyakit Syringomyelia,sebuah penyakit yang menyerang sumsum tulang belakang.
Lalu klaim-klaim menghebohkan apalagi yang menyebutkan tentang manfaat ganja ini?

5 Daftar Klaim Manfaat Ganja Antara Lain;

1. Fidelis Ari Sudarwoto Ganja Meringankan Sakit Syringomyelia

Ganja membuat kondisi istrinya yang terkena penyakit Syringomyelia membaik. Namun begitu Fidel masuk penjara istrinya diketahui meninggal dunia.

2. Ifa (bukan nama sebenarnya): Ganja dan penyakit aneurysma

Dilansir dari BBC News Indonesia Ifa pada 2010 didiagnosa mengalami pelebaran pembuluh darah di tengkorak belakang mata yang disebut aneurysma. Dia telah berkonsultasi dengan dokter-dokter ahli namun mereka berkata jika tengkoraknya dibuka maka dikhawatirkan terjadi pendarahan karena posisinya yang sulit.

Ia mencoba berobat sampai ke Singapura namun dokter disana juga berkata tidak bisa berbuat apa-apa atas kondisinya. Dia mengalami kejang dan mulut berbusa dan bolak balik opname ke Rumah Sakit. Lalu pada 2016 ia disarankan mencoba ganja oleh anaknya,dan rasa sakitnya berkurang dan hanya muncul sesekali.

3. Memperbanyak Jumlah Sperma

Sebuah jurnal yang diterbitkan "America Journal Of Epidemiologi" menyebutkan bahwa pengguna ganja yang memakai ganja lebih dari sekali seminggu meningkat jumlah spermanya dibanding yang jarang atau tidak menggunakannya. Penelitian itu dilakukan pada 1.215 pria muda yang sehat.

4. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Masih dilansir dari BBC News Indonesia 3 Mei 2017,Prof Musri Musman ahli Kimia dari Universitas Syiah Kuala,Banda Aceh sedang meneliti ganja sebagai penyeimbang kadar gula darah para penderita diabetes.

Bagian ganja terutama minyaknya disinyalir bisa mereduksi atau menghambat terjadinya oksidasi. Zat pada minyak ganja tersebut bersifat anti oksidan sehingga pembentukan gula darah yang berlebih yang tidak dapat diatasi insulin,akan dihambat olehnya. Tapi penelitian ini belum diuji dilapangan.

5. Maskara Dari Minyak Ganja

Dilansir dari Dailymail,sebuah produsen brand kosmetik bernama Milk Makeup  meluncurkan produk maskara bernama "Kush High Volume" yang diperkaya minyak ganja. Maskara ini diklaim bisa melentikkan dan bahkan mempertebal bulu mata.

Itulah tadi beberapa klaim soal manfaat ganja yang sebenarnya masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Agar kalim-klaim diatas bisa dibuktikan kebenarannya dan bisa jadi pertimbangan pemerintah bagaimana menentukan hukum memakai produk yang menggunakan ganja ini.

Kutipan dari Dokter Ryu Hasan spesialis bedah syaraf saya rasa cocok,bahwa ganja baru bisa dipertimbangkan sebagai opsi pengobatan,jika telah menyembuhkan ribuan kasus pasien,telah digunakan berbagai etnis,dan jelas dosis serta efek sampingnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel