Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Depresi?

Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Depresi?

Depresi merupakan suatu kondisi perubahan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan gairah atau minat menjalani aktivitas hidup yang sifatnya menetap.
Depresi akan mempengaruhi pola pikir,perilaku,cara Anda mengelola emosi serta bisa mempengaruhi kesehatan fisik kita.

Penyebab depresi antara lain stress,faktor keturunan atau genetis dan susunan kimia otak.
Orang yang terkena depresi akan menunjukkan gejala sebagai berikut:

1. Sulit tidur atau justru tidur  terus menerus
2. Tidak nafsu makan
3. Turunnya minat atau gairah menjalani aktivitas sehari-hari.
4. Sulit fokus dan berkonsentrasi
5. Merasa sedih atau galau terus menerus
6. Untuk yang sudah berumahtangga,gairah seksnya menurun
7. Pada kasus depresi berat muncul keinginan untuk bunuh diri.

Menurut data statistik global,wanita berresiko dua kali lipat mengalami depersi daripada laki-laki. Sebenarnya banyak sekali faktor pemicu gejala depresi pada seseorang,namun pada wanita faktor hormonal juga jadi tambahan.

Faktor Pemicu Seseorang Bisa  Terkena Depresi;

1. Mengidap penyakit kronis

Menderita penyakit seperti kanker,stroke atau penyakit jantung,bisa membuat seseorang stress karena tak kunjung sembuh dan aktivitas kesehariannya terganggu. Stress berat yang dialami pasien sakit kronis memang bisa memicu depresi.

2. Punya Keluarga Penderita Penyakit Gangguan Mental.

Seperti dikatakan diatas,bahwa faktor genetis memang bisa memicu seseorang terkena depresi. Bila Anda memiliki keluarga dengan penyakit gangguan mental entah depresi,atau bipolar,maka Anda patut berhati-hati dalam mengelola stress Anda.

3. Pernah Mengalami Kejadian Yang Traumatis

Korban kekerasan seksual,korban bencana alam atau pernah terlibat dalam kecelakaan parah bisa memicu seseorang mengalami depresi.

4. Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang untuk mengobati suatu penyakit,bisa memicu seseorang terkena depresi. Misalnya para pengkonsumsi obat tekanan darah tinggi dan penyalah gunaan obat tidur.

5. Pecandu Narkoba

Para pecandu alkohol dan pengkonsumsi obat-obatan terlarang memang memiliki resiko tinggi terkena depresi.Jadi selalu ingat untuk menyayangi diri Anda,dengan menjauhi narkoba.

6. Perubahan Hormon Bagi Wanita

Bagi perempuan faktor perubahan hormon seperti saat mengalami Pre Menstrual Syndrome (PMS) atau menapouse juga bisa menjadi faktor mengalami depresi.

Dari ulasan diatas jelas bahwa faktor hormonal yang dialami perempuan akan menjadi tambahan faktor resiko,wanita tersebut mengalami depresi.

Jadi bagi Anda wanita atau siapa saja yang merasa mengalami gejala depresi,jangan takut dan malu untuk meminta pertolongan teman dan pskiater. Karena depresi tidak bisa disembunyikan atau diingkari terus-terusan dan dianggap remeh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel