Apakah Obat Herbal Pasti Lebih Aman Dan Tanpa Efek Samping?

Apakah Obat Herbal Pasti Lebih Aman Dan Tanpa Efek Samping?

Dewasa ini masyarakat kita sedang di bombardir dengan gencarnya promosi obat dan suplemen herbal. Obat-obatan herbal diklaim lebih aman dan tanpa efek samping. Klinik-klinik pengobatan herbal pun menjamur di tanah air. Mulai dari ruko-ruko sampai masuk ke wilayah pemukiman dan perumahan penduduk.

Lalu Benarkah Obat Herbal Lebih Aman Dan Tanpa Efek Samping?

Di setiap promosi obat-obatan herbal,selalu di klaim bahwa obat mereka lebih aman dari obat-obatan dari dunia kedokteran karena terbuat dari bahan-bahan alami. Mereka juga mengklaim bahwa obat herbal tanpa efek samping karena tidak menggunakan bahan kimia. Benarkah klaim tersebut?

Bagi siapapun yang belajar IPA atau pernah mendapatkan pelajaran kimia di sekolah,pasti mengerti akan rumus-rumus kimia. Air punya rumus kimia H2O,Oksigen rumus kimianya O2 dan lain sebagainya. Lalu apa yang membuat kita berpendapat bahwa obat resep dokter bukan dari bahan alamiah?  Jadi apa yang dimaksud dengan bahan kimia pada produk obat-obatan,perlu kita pahami dari sini.

Apa Bedanya Obat Herbal Dan Obat Dari Industri Farmasi atau Resep Dokter?

Mengutip dari cuitan dokter Ryu Hasan,Obat-obatan herbal yang beredar,kebanyakan tidak mencantumkan efek samping dari obat herbal tersebut. Padahal semua obat-obatan baik herbal maupun resep dokter pasti ada efek sampingnya.

Jadi beda obat herbal (alternatif ) dan obat-obatan dari dokter adalah sistem pengujian efek samping obat tersebut. Obat-obatan dari dokter harus diuji dengan ketat dosis serta efek sampingnya,sebelum di pasarkan dan dipantau terus sesudahnya. Sedangkan obat herbal belum tentu melalui tahapan ini.

Jadi klaim-klaim bahwa obat herbal lebih ampuh tanpa efek samping sebenarnya patut dipertanyakan juga,karena kadang belum melalui bukti data pengujian ilmiah apapun. Obat herbal dan obat resep dari dokter,dua-duanya punya efek samping,baik yang diinginkan maupun tidak.

Kenapa Kita Harus Teliti Dan Berhati-hati Terhadap Obat Herbal?

1.Obat-obatan herbal tidak harus memberi kepastian bahwa obat itu untuk suatu jenis penyakit tertentu dan pasti sembuh atau membaik. Makanya jangan terlalu yakin klaim pasti menyembuhkan.

2.Obat herbal yang dibuat sembarangan juga rawan  terkontaminasi bakteri,jamur,virus atau pun parasit.

3.Bahan aktif dalam sebuah tanaman ada berbagai macam,dan punya kadar yang berbeda-beda. Ini yang kadang tidak dikontrol bahan aktif mana yang diperlukan dan tidak diperlukan.

4. Tanpa pengujian efek samping dan tidak dipantau keamanannya

Jadi kesimpulannya,mempercayai sepenuhnya bahwa obat herbal pasti aman dan alami tanpa efek samping adalah sebuah kesalahan. Tapi keputusan menggunakan obat atau suplemen herbal baik sebagai pengobatan utama maupun pendamping,tetap ditangan Anda. Sarannya agar Anda lebih berhati-hati dan tidak perlu percaya begitu saja atas janji-janji surga


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel