Bolehkan Memakai Kembang Teleng Untuk Mengobati Dan Membersihkan Mata?

Bolehkan Memakai Kembang Teleng Untuk Mengobati Dan Membersihkan Mata?

Mata merupakan organ vital manusia yang sangat penting untuk dijaga dan dirawat. Merawat kesehatan mata bisa menghindarkan kita dari penyakit mata dan kehilangan penglihatan. Mengalami kebutaan tentu terlalu berat dan beresiko bagi manusia,karena bisa menganggu aktivitas sehari-hari.

Penyakit mata ringan seperti mata merah,berair dan belekan saja sering merepotkan kita,apalagi penyakit seperti katarak dan glaukoma. Mitos-mitos cara mengobati dan merawat mata yang sakit atau infeksi beredar luas dimasyarakat.

Berbagai Mitos Tentang Cara Mengobati Mata Yang Merah,Berair Dan Gatal Karena Infeksi Antara Lain;

1. Menggunakan Kembang Teleng

Katanya dengan merendam kembang teleng dan menggunakan air rendamannya untuk membasuh mata yang sakit,maka mata akan sembuh karena kotoran banyak yang keluar.

2. Menggunakan Daun Sirih

Menggunakan air rebusan daun sirih kabarnya juga bisa digunakan untuk mengobati dan memelihara kebersihan mata.

3. Menggunakan Obat Tetes Mata Herbal

Nah ini mitos selanjutnya yang sedang banyak beredar,menggunakan obat tetes mata herbal untuk mata yang sakit dan membersihkan kotoran mata. Hati-hati karena sudah ada laporan tentang  pasien yang harus dioperasi gara-gara menggunakan obat tetes mata herbal dan ini patut kita waspadai.

4. Gurah Mata

Gurah mata juga diklaim bisa merawat kebersihan dan kesehatan mata bahkan menyembuhkan mata yang sakit seperti katarak dan kelainan mata minus,plus dan silinder.

Apakah semua mitos mengobati dan merawat mata yang sakit dengan kembang teleng,rebusan daun sirih,obat tetes mata herbal dan gurah mata diatas benar?

Menurut dokter spesialis mata Dokter Ferderiva Hamzah yang bertugas di rumah sakit mata "Jakarta Eye Center" (JEC),merawat dan mengobati mata dengan air bunga dan daun-daunan tidak diperbolehkan. Hal ini dikarenakan daun dan bunga tersebut bisa saja mengandung jamur dan membuat mata Anda mengalami infeksi jamur dan bisa terjadi kebutaan.



Jamur sangat mudah berkembang pada kornea mata yang terluka,maka dari itu sangat tidak baik memasukkan air rebusan daun atau bunga atau ramuan herbal lain ke dalam mata kita,karena bisa mengandung jamur.

Untuk merawat mata kita sekalipun,ramuan,bunga,daun dan juga gurah mata tidak diperlukan. Karena mata punya kelenjar airmata yang menghasilkan airmata guna membersihkan kotoran mata itu sendiri.

Bagaimana cara merawat mata merah,berair dan gatal karena infeksi?

Kita bisa merawat mata yang infeksidan jadimerah serta gatal dengan menggunakan obat tetes mata yang bisa kita beli diapotik dengan merk-merk yang sudah kita kenal dengan baik alias terdaftar. Selain itu Anda juga bisa melakukan kompres mata dengan es batu disamping menggunakan obat tetes mata.

Obat Tetes Mata yang sudah diakui oleh BPOM yah,bukan yang sembarangan dan tidak terdaftar,dengan klaim tinggi-tinggi namun malah membahayakan
Jika sakit mata terus berlanjut segera hubungi dokter mata,agar lebih cepat ditangani dan lebih aman.

Periksakan mata setidaknya setahun sekali bagi yang sudah berusia 40 tahun keatas ke dokter mata,agar jika ada kelainan dan penyakit mata bisa segera terdeteksi. Atau 2 tahun sekali bagi usia yang lebih muda,meskipun tidak punya keluhan,untuk berjaga-jaga.

Salam Enak Sehat dan tetap waspada dengan informasi kesehatan yang belum jelas kebenarannya.

Belum ada Komentar untuk "Bolehkan Memakai Kembang Teleng Untuk Mengobati Dan Membersihkan Mata?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel