Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cara Alami Dan Obat Apotik

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Cara Alami Dan Obat Apotik 

Sakit gigi merupakan penyakit yang sangat menyiksa bagi siapa saja. Tidak hanya membuat kita kesakitan tapi juga uring-uringan. Karena apapun bisa menjadi pencetus gigi tambah sakit dan cenat-cenut. Dari suara berisik sampai makanan dan minuman tertentu.

Penyebab sakit gigi bisa bermacam-macam,mulai dari gigi berlubang,gigi retak,karies gigi,gigi patah,gigi mau tumbuh pada anak-anak,gigi sensitif dan sakit gigi akibat kecelakaan.

Yang dimaksud karies gigi adalah pembusukan yang terjadi pada gigi. Biasanya yang menyebabkan sakit gigi adalah terjadinya pembusukan gigi dari lapisan luar gigi yang telah menembus ke dalam lapisan dalam gigi (dentin).

Untuk mengatasi sakit gigi ini,kita bisa mengandalkan cara-cara mudah dengan bahan-bahan yang kita jumpai di dapur,dan cara medis dengan membeli obat-obatan sendiri dan dengan konsultasi pemeriksaan langsung ke dokter gigi.

5 Cara Dan Bahan-bahan Alami Untuk Meredakan Sakit Gigi 

1. Garam dapur.

Anda cukup berkumur-kumur dengan air garam. Cara membuatnya adalah campurkan garam setengah sendok teh dengan segelas air. Aduk rata dan buatlah kumur-kumur beberapa menit,lalu buang.

2. Bawang Merah Dan Bawang Putih

Kedua bumbu dapur ini punya kandungan istimewa yang bisa membuat sakit gigi Anda mereda. Bawang merah mengandung antimikroba dan anti septik yang mampu membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan sakit gigi.
Sedangkan bawang putih punya kandungan zat allicin yang bisa meredakan rasa sakit dan ngilu di gigi Anda.

Caranya menjadikan bawang putih dan merah sebagai obat sakit gigi adalah;

a. Kunyah langsung bawang putih atau bawang merah tersebut dan arahkanke gigi yang sakit.
b. Jika tidak kuat bisa Anda iris dan tempelkan di gigi yang sakit
c. Lumatkan kasar juga boleh,baru ditempelkan ke gigi yang sakit.

3. Minyak Cengkeh

Anda bisa mendapatkan minyak cengkeh dengan membelinya atau membuat sendiri.
Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan batang cengkeh dengan minyak zaitun lalu diamkan selama 2 minggu didalam botol.

Minyak cengkeh mengandung euganol sebagai anti bakteri dan anastesi,sehingga dapat membantu sakit gigi Anda mereda.

4. Es Batu

Caranya cukup mudah,cukup bungkus es batu dengan handuk atau kain bersih dan tempelkan ke sisi pipi yang giginya sedang sakit. Es Batu bisa meredakan ngilu pada gigi Anda.

5. Daun Jambu 

Daun jambu ternyata tak hanya menyembuhkan diare saja,tapi juga sakit gigi. Daun jambu merah mengandung anti bakteri,anti radang dan analgesik.
Caranya kunyah langsung,dan setelah lembut arahkan ke gigi yang sakit. Atau bisa juga Anda rebus dengan ditambahkan sedikit garam dan gunakan air rebusannya setelah dingin untuk berkumur.

Obat Sakit Gigi Yang Bisa Anda Dapatkan Di Apotik 

Anda juga bisa mengkonsumsi obat sakit gigi yang bisa Anda beli di apotik. Obat-obatan tersebut terserah apa merknya,namun obat tersebut punya kandungan;

1. Paracetamol

Sudah jelas bahwa paracetamol adalah obat pereda rasa sakit terutama nyeri dan demam. Jadi obat yang mengandung paracetamol tidak hanya berfungsi untuk obat sakit kepala,tapi juga sakit gigi dan sakit dengan gejala ngilu,nyeri dan demam lainnya

2. Ibuprofen

Selain paracetamol,ibuprofen juga dikenal sebagai pereda demam,sakit kepala,nyeri dan sakit gigi. Namun ibuprofen harus diminum sehabis makan agar tidak melukai lambung Anda. Dan jangan melebihi dosis.

3. Naproxen

Naproxen adalah obat sakit gigi yang paling bisa diandalkan. Namun begitu,naproxen punya efek samping seperti membuat diare,mulas,perut kembung,sakit kepala dan kadang gatal.
Jadi berhati-hatilah menggunakan obat dengan kandungan naproxen ini.

Jika dengan cara alami dan obat-obatan diatas sakit gigi Anda tak kunjung sembuh,sebaiknya memang harus pergi ke dokter gigi. Obat alami dan obat dari apotik diatas,bisa Anda jadikan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan sakit gigi.

Dan jangan lupa,jangan lelah menjaga kesehatan gigi Anda sampai tua,karena tentu saja hidup lebih Enak Sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel