Penjelasan Kenapa Kita Ingusan Saat Menangis

Menangis merupakan salah satu cara manusia dan bahkan beberapa binatang untuk mengungkapkan perasaan sedih,kecewa dan terluka yang ia alami. Menangis memang bisa membuat perasaan menjadi lega,karena hormon stress jadi terlepas,sehingga ketegangan mereda.

Menangis juga bisa jadi sinyal atau media penyampaian kepada orang lain,bahwa orang tersebut benar-benar sedih dan tertekan. Air mata emosional yang dikeluarkan saat menangis ini tidak mudah untuk dibuat-buat. Meski ada upaya untuk memalsukan tangisan misalnya saat sedang akting,namun tetap tak mudah dilakukan begitu saja.

Airmata emosional yang dikeluarkan saat sedang sedih dan emosi biasanya menyebabkan reaksi berantai pada wajah. Pipi jadi memerah,mata bengkak dan hidung ingusan.
Nah kenapa yah kalau kita nangis hidung jadi tersumbat alias pilek? Apakah hubungan mata dan hidung sampai punya reaksi berantai gara-gara menangis?

Alasan Kenapa Kita Pilek Atau Ingusan Saat Menangis;

Air mata dihasilkam kelenjar air mata yang terdapat pada mata. Airmata ini punya fungsi untuk membersihkan kotoran mata secara alami. Selain itu airmata juga melindungi mata dengan cara melumasi mata. Namun proses lakrimasi yang membuat airmata keluar terjadi juga saat manusia sedang sedih atau emosional.

Dan ingus yang menyertai saat kita menangis terjadi karena kelenjar airmata (lacrimal gland) yang mengeluarkan airmata ini mengalir ke konjungtiva bagian warna merah disudut mata,namun sebagian kecil air mata juga mengalir ke saluran kecil warna biru yang disebut punctum lacrimale. Lalu airmata mengalir ke Lacrimale canalliculus dan masuk ke hidung menyebabkan hidung ingusan dan tersumbat.

Perhatikan gambar berikut ini;


Nah itu tadi penjelasan kenapa jika orang menangis bisa mengalami hidung tersumbat alias pilek. Meskipun kelihatannya menangis reaksi manusiawi biasa,namun menangis memang punya manfaat seperti meredakan emosi dan ketegangan,juga untuk membersihkan mata.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel