Penjelasan Medis Kenapa Ikan Gabus Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi

Penjelasan Ilmiah Kenapa Ikan Gabus Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Operasi

Pernahkah Anda mendengar orang-orang yang habis dioperasi disarankan untuk makan ikan gabus? Bahkan tenaga medis di rumah sakit  baik suster maupun dokter juga menyarankan agar banyak-banyak mengkonsumsi ikan gabus untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. Apa sih istimewanya ikan gabus ini?

Ikan gabus dalam bahasa latin disebut Chana Striata,tapi lebih dikenal dengan istilah "Snake Head Fish". Penampakan ikan gabus memang menyerupai ikan lele,namun ciri fisiknya terutama kepalanya agak mirip dengan kepala ular. Agak mengerikan namun percayalah ikan ini sangat bermanfaat.

Ikan gabus dalam bahasa Jawa disebut juga dengan ikan kutuk. Ikan gabus banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar. Panjangnya bisa mencapai 30-60 cm,dengan berat 300 gram keatas.

Ikan gabus punya habitat di perairan yang dangkal dan berlumpur. Makanya ikan ini sangat cocok dan banyak ditemukan hidup di sungai,danau dan rawa. Karena habitatnya di perairan liar dan alami,makanya ikan ini banyak ditemukan di wilayah Indonesia Timur,antara lain di Papua dan Sulawesi contohnya.

Lalu Kenapa Ikan Gabus Bisa Membantu Penyembuhan Luka Operasi Lebih Cepat?

Ikan gabus punya kandungan protein yang sangat tinggi. Per 100 gramnya terdapat 25,2 gram protein,padahal ayam saja hanya mengandung 18,2 gram per 100 gramnya. Salah satu jenis proteinnya adalah albumin.

Albumin sangat berperan dalam proses penyembuhan luka,agar cepat kering. Selain itu protein tinggi pada ikan gabus juga bermanfaat untuk membentuk jaringan baru pada otot tubuh.
Protein tinggi pada ikan gabus juga sangat membantu dalam mengatasi gizi buruk.

Makanya ikan gabus sangat disarankan untuk dikonsumsi pasca operasi karena bisa membantu luka cepat kering,membantu pembentukan sel-sel baru,juga mengatasi gizi buruk yang mungkin terjadi selama pasien sakit dan kurang mengkonsumsi makanan. Selain itu teksture dagingnya yang empuk juga sangat mudah dicerna.

Makanya ikan gabus ini juga sangat baik dikonsumsi Balita,penderita gizi buruk,juga bagi pasien yang sedang sakit untuk membantu pemulihan. Saat ini ikan gabus juga sedang gencar dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan dunia farmasi. Albumin dari ikan gabus sudah ada yang di buat ekstrak berupa kapsul untuk memenuhi kebutuhan dunia medis.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel