Jenis-jenis Sakit Kepala,Penyebab Sakit Kepala Dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis Sakit Kepala,Penyebab Sakit Kepala Dan Cara Mengatasinya

Sakit kepala atau pusing memang bisa menyerang siapa saja secara tiba-tiba.  Sakit kepala bisa dibedakan menjadi sakit kepala ringan dan sakit kepala berat. Sakit kepala berat ini bisa menyebabkan seseorang jatuh pingsan. Bagaimana sakit kepala ini bisa terjadi?

Bagaimana Sakit Kepala Atau Pusing Ini Terjadi?

Sakit kepala membuat Anda merasa kesakitan dan tidak nyaman di daerah kepala dan leher. Sebenarnya sakit kepala ini tidak terterjadi di bagian otak,atau tengkorak kita. Lingkungan sekitar kepala dan dasar otak yang berisi jaringan syaraf dan pembuluh darah itulah yang bisa cidera/membengkak dan menyebabkan otot-otot disekitarnya terasa sakit.

Serabut syaraf sensorik yang disebut nosiseptor,mempunyai dua buah lapisan yang disebut Dura dan Pia. Dura dan pia berfungsi melindungi otak dan tengkorak. Pembuluh darah yang bengkak melepasakan bahan kimia ke dekat dura dan pia,sehingga mereka mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.

Janis-jenis Sakit Kepala Dan Penyebabnya

Ada beberapa jenis sakit kepala yang disebabkan oleh faktor pemicu yang berbeda. Diantaranya migrain,tension headache dan sakit kepala kluster.

1. Migrain 

Migrain atau sakit kepala sebelah ini terjadi karena terjadi perubahan aliran darah ke bagian korteks serebral karena pembuluh darah yang membengkak dan mendorong ke otak.
Penyebabnya bisa karena insomnia,stress dan diet yang tidak tepat.

2.Tension Headache

Jenis sakit kepala yang terjadi karena ketegangan otot-otot disekitar kepala,diantaranya dipundak,leher dan rahang. Hal ini biasanya dipicu karena cemas berlebihan,dalam kondisi tertekan dan khawatir yang berlebihan.

3. Sakit Kepala Kluster

Sakit kepala sebelah namun berada disisi dekat mata. Ini merupakan jenis sakit kepala atau pusing terberat. Biasanya disebabkan pengaruh alkohol dan kafein dosis berlebihan.
Kafein dapat membatasi aliran darah ke kepala sehingga menyebabkan pusing.

Cara Mengatasi Sakit Kepala

Bila Anda mengalami sakit kepala,Anda harus mengingat dulu apa penyebabnya.

1. Makan dan Minum

Bila Anda belum makan dan kelaparan maka akan menyebabkan gula darah turun,jadi segeralah minum teh hangat manis dan makan untuk mengembalikan kadar gula darah Anda.

2. Tidur

Jika Anda kurang tidur jelas akan memicu kepala Anda pusing,maka sebaiknya segeralah beristirahat. Tidur diruangan gelap dapat membantu Anda menyembuhkan pusing yang menyerang.

3. Pijat dan Peregangan

Bila Anda pusing karena stress,sedang dibawah tekanan,dan kebanyakan duduk,maka Anda butuh pijatan lembut dibagian yang sakit dikepala (dibagian pelipis,kening,area diantara alis),leher dan pundak Anda pelan-pelan. Minta bantuan orang lain jika tidak bisa.

4 . Kompres 

Kompres bagian kepala,pundak dan leher Anda dengan kompres dingin dan hangat secara bergantian untuk meredakan otot yang tegang karena stress.

5. Rendam Kaki Dengan Air Hangat

Air hangat yang diberi garam untuk merendam kaki,bisa menyedot aliran darah di kepala ke bawah guna menormalkan kembali aliran darah di kepala Anda. Selain itu air hangat juga akan membuat otot-otot Anda relaks.

Itu tadi pembahasan tentang jenis sakit kepala,penyebab dan cara mengatasi pusing yang menyerang dan menganggu aktivitas Anda. Selalu jaga kesehatan tubuh dan kendalikan emosi Anda agar tidak selalu diganggu sakit kepala.
Salam Enak Sehat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel