7 Cara Alami Dan Aman Untuk Mengatasi Dan Mengobati Asam Urat

7 Cara Alami Dan Aman Untuk Mengatasi Dan Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat seringkali dikeluhkan oleh orang tua kita,dan sangat menganggu aktivitas mereka. Meski asam urat banyak menyerang golongan dewasa dan orang tua dengan klasifikasi umur diatas 30 tahun,namun asam urat juga bisa menyerang kelompok usia yang lebih muda.

Apa sih penyakit Asam Urat Itu?

Penyakit Asam Urat terjadi karena produksi berlebih asam urat yang kemudian menumpuk didalam tubuh. Penumpukan asam urat tersebut akan membentuk kristal dan kadang berada di sendi. Kristal asam urat di persendian inilah yang mengakibatkan rasa nyeri,peradangan dan pembengkakan.

Cara Mengetahui Kadar Asam Urat

Cara mengetahui kadar asam urat kita tinggi atau tidak adalah dengan melakukan tes darah. Jadi jika kamu mencurigai rasa sakit terutama nyeri dan peradangan di areal sendi Anda,Anda harus melakukan cek darah terlebih dahulu.

Cara Alami Dan Aman Mengatasi Asam Urat Adalah;

1. Mengkonsumsi Kopi.

Kopi dapat mengurangi rasa nyeri dan juga peradangan akibat kadar asam urat tinggi. Hal ini dikarenakan kopi mengandung antioksidan kuat yaitu asam klorogenat. Kopi yang dimaksud adalah kopi hitam yang dikonsumsi tanpa gula atau sedikit gula.

Meskipun Kopi berfungsi untuk mengurangi resiko penyakit asam urat,namun konsumsi kopi juga harus berhati-hati. Konsultasikan ke dokter seberapa banyak konsumsi kopi yang aman untuk Anda,dan apakah boleh Anda mengkonsumsi kopi.

2. Membatasi Konsumsi Makanan dan Sayuran Yang Mengandung Kadar Purin Tinggi

Kadar "purin" yang tinggi pada jenis bahan makanan baik sayuran.daging maupun ikan laut dapat meningkatkan resiko penyakit asam urat. Kadar purin tinggi pada sayuran terdapat pada bayam,jamur,kembang kol dan aneka sayuran kacang-kacangan.

Untuk kelompok daging yang tinggi purin terdapat pada daging merah (sapi dan kambing) dan jerohan. Kelompok makanan jenis seafood juga punya kadar purin tinggi. Jadi hindari konsumsi makanan berlebih pada ketiga kelompok makanan diatas untuk mengurangi resiko penyakit asam urat.

3. Dengan Kompres Hangat dan Dingin

Untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada penyakit asam urat,Anda bisa mengompres bagian yang sakit dengan kompres dari air hangat dan es batu secara bergantian.
Rasa sakit nyeri dan peradangannya akan berkurang dengan sendirinya.

4. Konsumsi Buah

Buah yang bisa mengurangi resiko penyakit asam urat adalah dari kelompok berry2an. Anggur,rassberry,blueberry dan juga buah cerry alias talok. Buah ceplukan saya rasa juga masuk.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Karena salah satu faktor asam urat tinggi adalah kegemukan,maka menjaga berat badan ideal penting untuk mengurangi resiko penyakit asam urat.

6. Tidak Meminum Minuman Yang Mengandung Alkohol Dan Fruktosa 

Untuk minuman berfruktosa atau dengan kandungan gula buah,biasa terdapat pada minuman bersoda dan berbagai minuman instan lainnya . Ganti aja dengan minum air putih yang banyak.

7. Berolahraga

Dengan rajin berolahraga berbagai jenis penyakit memang banyak yang bisa kita hindari termasuk asam urat ini. Jadi jangan lupa olahraga meskipun olahraga yang ringan seperti jogging.


Meskipun banyak beredar obat-obatan herbal diluar sana,Anda harus berhati-hati dan jangan mudah percaya. Sebaiknya konsultasi saja ke dokter dan pakai cara-cara alami diatas untuk menghindari dan mengurangi resiko penyakit asam urat.
Karena Lebih Enak Sehat kan?


Belum ada Komentar untuk "7 Cara Alami Dan Aman Untuk Mengatasi Dan Mengobati Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel