6 Contoh Peralatan Medis Sekali Pakai Termasuk Selang Cuci Darah

6 Contoh Peralatan Medis Sekali Pakai Termasuk Selang Cuci Darah

Pernyataan salah seorang capres bahwa di RSCM selang yang diiperuntukkan untuk pasien cuci darah bisa dipakai 40 pasien karena masalah tunggakan BPJS tentu sangat salah. Karena selang semacam itu termasuk barang medis sekali pakai,yang tidak mungkin digunakan oleh pasien lain lagi.

Pernyataan tersebut juga langsung dibantah oleh pihak RSCM,bahwa tidak mungkin RSCM mengabaikan keselamatan pasien dengan menggunakan selang hemodialisis untuk 40 orang. Kebijakan untuk peralatan selang hemodialisis adalah single use (Hanya untuk satu orang).

Sebenarnya ada banyak sekali peralatan medis yang punya kebijakan single use dan disposable alias habis pakai. Peralatan medis yang masuk kategori ini biasanya peralatan yang punya kontak langsung dengan pasien.

Tujuan peralatan medis digunakan sekali pakai adalah; Untuk menghindari penularan atau penyebaran virus dan kuman penyakit ke orang lain. Jadi peralatan medis single use tidak boleh dipergunakan kembali untuk pasien lain dan ini tidak bisa ditawar.

Contoh Peralatan Medis Sekali Pakai (Single Use) Adalah;

1. Sarung tangan

Jelas sarung tangan yang habis dipakai untuk menyentuh,memeriks atau mengoperasi pasien harus langsung dibuang dengan benar.

2. Jarum Suntik

Ini juga sudah pada tahu yah,kalau tidak mungkin pihak rumah sakit menggunakan jarum suntik yang sama kepada pasien lain,karena bahaya penularan virus dan kuman penyakit.

3. Alat Penampung Urine (Urine Bag)

Urine bag tentu saja hanya bisa dipakai oleh satu orang pasien saja termasuk selangnya,karena mengandung banyak kuman dan bibit penyakit.

4. Berbagai jenis selang medis yang punya kontak langsung dengan pasien

Contohnya adalah selang pencuci perut,selang oksigen,selang hemodialisis (selang cuci darah),selang bantu makan dan selang infus. Selang-selang medis tersebut hanya boleh dipakai satu orangdan langsung dibuang. Jadi kalau ada pasien lain ya selangnya pasti baru.

5. Peralatan Medis seperti kain kasa,tissue,plester dan perban,penutup kepala pasien atau pun penutup kepala tim medis,masker dan seterusnya.

6. Peralatan ureter seperti kateter

Untuk menangani atau membuang limbah medis sekali pakai ini pun tidak boleh sembarangan. Karena peralatan yang kontak langsung dengan pasien tersebut mengandung virus dan bibit penyakit yang rawan menyebar.

Peralatan medis sekali pakai juga harus dibuang ditempat khusus sehingga tidak tercampur dengan sampah lainnya. Dan tidak boleh didaur ulang,karena limbah ini sangat berbahaya.

Untuk jarum suntik misalnya ada alat tersendiri yang bisa menghancurkan jarum suntik hingga jadi serbuk halus yang tak lagi berbahaya. Dan semua orang yangterlibat dengan pasien tersebut juga harus berhati-hati dalam menyentuh peralatan medis tersebut agar tidak tertular.



Belum ada Komentar untuk "6 Contoh Peralatan Medis Sekali Pakai Termasuk Selang Cuci Darah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel