Asal Usul,Jenis Dan Manfaat Buah Naga

Asal Usul,Jenis,Dan Manfaat Buah Naga\
Sejumlah media online tengah memberitakan tentang dibuangnya buah naga ke sungai oleh para petani buah naga asal Banyuwangi,Jawa Timur. Mereka melakukan itu dikarenakan merasa kesal dengan harga buah naga yang sangat anjlok di pasaran sehingga biaya tanam dan perawatan tak sebanding dengan laba atau penjualan.

Banyak netizen yang merasa sedih,baik karena buah naga yang kaya manfaat itu dibuang-buang begitu saja,dan ada yang bersedih dengan kondisi petani buah naganya sendiri.
Buah naga belakangan memang merupakan salah satu komoditi buah yang sangat disukai masyarakat,sehingga banyak orang tertarik membudidayakannya.

Asal Usul Buah Naga

Buah Naga merupakan buah yang berasal dari tanaman yang termasuk keluarga kaktus,tepatnya dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah Naga berasal dari Meksiko,Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Pada tahun 1870 orang Perancis membawanya ke Vietnam sebagai tanaman hias.

Vietnam yang punya kebudayaan Cina yang kental,kemudian menganggap buah ini sebagai pembawa keberuntungan karena warna merahnya yang mencolok. Mereka meletakkan buah naga diantara 2 naga hijau di meja sesaji.Dan itulah mengapa buah ini kemudian disebut dalam bahasa Vietnam sebagai "Thang Loy"yang artinya buah naga.

Dari Vietnam buah ini kemudian menyebar ke beberapa negara Asia seperti Taiwan,Malysia,Indonesia,Filipina,Tiongkok,Jepang,Israel dan Australia. Tanaman buah naga sangat cocok ditanam di media tanah yang kaya unsur hara,berpasir dan punya sinar matahari yang cukup. Cara tanamnya dengan cara stek.

Jenis-jenis Buah Naga

Saat ini di Indonesia setidaknya ada 6 jenis buah naga yang dibudidayakan,diantaranya;

1. Buah Naga Putih (Hylocereus Undatus): 

Punya daging buah putih,berbintil hitam dan rasanya tak terlalu manis. Harga buah jenis naga putih ini relatif lebih murah.

2.Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus) :

Daging buah berwarna merah,berbintil hitam,daging buah mengandung banyak air dan rasanya manis. Untuk harga relatif lebih mahal dari naga putih.

3. Buah Naga Kuning : 

Buah naga kuning punya kulit buah yang berwarna kuning,namun daging buahnya berwarna putih seperti buah naga putih.

4. Buah naga super red (Hylocereus costaricensis): 

Seperti buah naga merah,namun merahnya lebih pekat

5. Buah naga hitam 

Dibudidayakan oleh Prof Dr.Ir AP Kusumaningrat dari jenis buah naga super red yang diberi pupuk black natural atau pupuk hitam. Daging buahnya jadi merah sangat pekat seperti hitam karena kaya bekaroten tinggi.

6. Buah Naga Orange :

Buah Naga jenis ini kulit buahnya berwarna kuning,namun daging buahnya berwarna merah,tidak seperti buah naga kuning yang daging buahnya berwarna putih.

Manfaat Buah Naga :

Buah naga kaya akan vitamin C dan betakaroten.
Betakaroten sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas,sehingga bisa menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya seperti tumor dan kanker.

Sedangkan vitamin C sangat bermanfaat untuk membentuk kolagen,sehingga Anda bisa awet muda.
Vitamin C juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh,jaringan syaraf dan membantu penyembuhan luka

Referensi :

erakini.com

id.wikipedia.org

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel