7 Dampak Negatif Kecanduan Bermain HP Bagi Kesehatan

7 Dampak Negatif Kecanduan Bermain HP Bagi Kesehatan

Handphone merupakan barang wajib yang hampir dimiliki semua orang belakangan ini. Berbagai fitur dan aplikasi yang terpasang di Smartphone begitu banyak membuat kita tersihir untuk berlama-lama memainkannya. Keasyikan bermain HP ini nikmatnya kadang membuat kita lupa diri.

Bebagai dampak negatif bermain HP pun mulai menjangkiti para pecandunya. Mulai dari dampak kesehatan sampai terganggunya kegiatan sehari-hari. Tak sampai di situ,kegiatan bermain gadget kadang juga membuat produktivitas kita menurun. Lalu apalagi dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita?

7 Dampak Negatif  Kebanyakan Bermain HP Bagi Kesehatan;

1. Mata Lelah

Cahaya biru pada gadget Anda akan menyebabkan mata kering dan iritasi. Sehingga mata jarang berkedip dan mudah lelah. Pandangan mata juga bisa jadi kabur karena kebanyakan menatap layar HP bercahaya biru.

2. Berkurangnya Hormon Melatonin

Produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur tidur manusia menurun drastis. Berkurangnya produksi hormon melatonin akan menyebabkan Anda insomnia.

3. Membuat Anda Beresiko Terkena Alzhaimer

Dalam janagka panjang kekurangan hormon melatonin yang membuat Andat sulit tidur bisa mengurangi juga produksi hormon neurotoxin,yang berfungsi menjaga perkembangan sel2 otak. Sehingga dimasa depan Anda bisa beresiko terkena Alzhaimer.

3. Menyebabkan Obesitas

Karena terganggunya kinerja hormon salah satunya hormon yang mengatur rasa lapar. Sehingga Anda jadi merasa lapar terus menerus sehingga bisa menyebabkan obesitas

5. Menyebabkan Depresi

Jelas kebanyakan bermain smartphone apalagi mengkonsumsi foto-foto orang lain dan berita negatif,akan mengurangi tingkat kepercayaan diri Anda. Sehingga Anda merasa tidak puas dengan diri Anda. Perasaan seperti ini akan memicu depresi utamanya bagi kalangan remaja.

6. Kurang Fokus

Jika Kita sedang dalam keadaan rapat,belajar dikelas atau mendengarkan ceramah misalnya,jika dilakukan sambil bermain HP akan membuat fokus terbagi. Sehingga Anda sulit menangkap pelajaran dan perkataan orang lain karena fungsi kognitif berkurang.

7. Sakit Pinggang,Punggung Dan Leher

Kebanyakan bermain HP sambil menunduk akan membuat beban leher Anda menopang kepala lebih berat,sehingga leher jadi sakit. Selain itu posisi tulang punggung yang tidak tepat ketika bermain HP dalam jangka waktu yang lama bisa membuat kita sakit pinggang dan punggung.

Itulah ke7 dampak negatif bermain HP bagi kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Selain itu,bermain HP menyebabkan Anda mencurahkan seluruh konsentrasi Anda pada layar Smartphone Anda,sehingga kehilangan kontrol pada lingkungan sekitar. Hal ini sangat berbahaya jika Anda sedang berada di lingkungan publik yang rawan kecelakaan dan kejahatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel