Beberapa Hoax Soal Dampak Negatif Bermain HP Bagi Mata

Hampir tidak ada manusia jaman sekarang yang tidak memiliki HP. Sebagian besar juga sudah punya smartphone canggih. Segala kemudahan bersosial media dan kehadiran fitur-fitur smartphone yang canggih membuat kita betah berlama-lama memainkan gadget kesayangan kita.

Kecanduan bermain HP atau smartphone inilah yang banyak membuat orang khawatir. Apalagi berseliweran informasi tentang kerusakan mata akibat berlama-lama main HP dengan gambar-gambar mengerikan. Meski banyak dari kabar tersebut yang dikonfirmasi oleh dokter mata merupakan kabar bohong alias HOAX.

Beberapa Kabar HOAX Tentang Kerusakan Mata Akibat Keseringan Main HP Antara Lain;

1. Keseringan Main HP,Mata Anak Ini Bengkak Dan Keluar Cairan.

pic by facebook Mus Pesok

Dikabarkan di sebuah akun facebook Mus Pesok, seorang wanita menceritakan keponakannya yang keranjingan bermain HP,dan kalau tidak diberi ijin ibunya dia menjerit-jerit histeris. Selanjutnya  diceritakan  mata anak itu jadi bengkak dan mengeluarkan darah. 

Postingan yang sudah dikonfirmasi hoax oleh dokter mata JEC Ferderiva Hamzah ini,merupakan informasi hoax kesekian kalinya,yang mengabarkan tentang kerusakan mata parah akibat sering main HP. Mata bengkak dan berair biasanya disebabkan oleh iritasi dan infeksi bukan karena kebanyakan main gadget.


Berita lebih menghebohkan lagi pernah juga viral di dunia maya. Postingan yang menyertakan gambar mengerikan mata yang di klaim mengalami kanker mata itu,karena keseringan main gadget. Dituliskan postingan instagram itu berasal dari HEALTHIPSPORTAL.COM.


Mengabarkan bahwa seorang lelaki harus mengoperasi matanya karena cahaya hijau pada HP yang sering ia mainkan menyebabkan kematian sel retina. Jelas postingan ini hoax karena bermain HP keseringan tidak akan sampai membuat orang terkena tumor atau kanker mata.
Cahaya yang dihasilkan HP dan disinyalir berbahaya bukanlah sinar hijau,tapi biru.

3. Akibat Bermain HP Anak Terkena Sakit Syaraf Pada Wajah

Sebuah postingan instagram memperlihatkan anak kecil tergolek lemah karena terkena sakit Syaraf pada wajah. Dalam keterangannya sang empunya akun menjelaskan sakit syaraf pada wajah anak itu akibat bermain HP 9 Jam per hari.

Lagi-lagi dokter Ferderiva Hamzah menjelaskan jika hal tersebut bukan karena kebiasaan main HP kelamaan,tapi sakit yang diderita anak tersebut merupakan penyakit "Facial Tic Disorder" dan terjadi karena adanya gangguan pada otak. Hal ini bisa ditanyakan melalui dokter spesialis anak.


Namun lebih lanjut dokter Ferderiva menjelaskan bahwa bermain HP berlama-lama memang berbahaya bagi penglihatan,karena bisa memicu mata menjadi cepat mengalami minus.
Jadi jangan cepat percaya dan ketakutan dengan berbagai informasi kesehatan yang Anda terima,selalu cek kebenarannya pada ahlinya.
Salam Enak Sehat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel