4 Waktu Anda Dilarang Menggunakan Lensa Kontak Khususnya Softlens

4 Waktu Anda Dilarang Menggunakan Lensa Kontak Khususnya Softlens

Lensa kontak atau contact lenses merupakan salah satu peralatan medis dari dokter yang dianjurkan sebagai alternatif pengganti kaca mata bagi para penderita kelainan mata.
Contact lenses dianggap lebih nyaman saat dipakai,dan lebih modis karena tersedia dalam berbagai pilihan yang membuat mata terlihat lebih indah dan hidup.

Jenis-jenis Contact Lenses;

Contact Lenses ada dua macam;

1. Soft Contact Lenses

Bentuknya lebih lembut dan lentur serta nyaman digunakan. Namun harus lebih sering dan lebih ribet perawatannya. Lebih dikenal dengan Soft lens,lensa kontak jenis ini terbuat dari silicone hydrogel yaitu plastik lembut yang bisa menyerap air. Harganya relatif murah dan bisa dibeli di pasaran.

2. Hard Contact Lenses

Bentuknya lebih tebal dan kaku,tapi memiliki pori-pori untuk masuknya oksigen ke kornea mata. Hardlens memberikan pandangan mata jauh lebih tajam. Tapi hard lens tidak dijual bebas,hanya di klinik tertentu dan dokter mata. Harganya pun relatif lebih mahal.


Namun dibalik kelebihannya,para pengguna contact lenses  utamanya softlens juga harus mewaspadai banyak hal,agar tidak terjadi iritasi atau kerusakan mata yang lebih parah.
Lensa kontak membuat pemakainya lebih rentan terhadap infeksi jamur,bakteri dan mikroba lain,bila tidak mengindahkan kebersihan dan tata cara pemakaiannya.

Selain resiko di atas,pengguna lensa kontak juga harus memperhatikan waktu-waktu yang tidak diperbolehkan menggunakan contact lenses. Bila waktu-waktu tersebut tidak diindahkan,maka lensa kontak bisa jadi sangat berbahaya bagi mata.

Waktu-waktu Anda Dilarang Menggunakan Contact Lenses/Soft Lens:

1. Saat Mandi

Jelas softlens tidak boleh kena air,karena air bisa mengandung bakteri atau pun mikroba berbahaya. Bakteri dan mikroba itu bisa terjebak didalam softlens dan bisa mengakibatkan infeksi.
Soft lens juga bisa berubah bentuk jika terkena air,dan jika menempel pada mata,bisa melukai kornea.

2. Saat Berenang

Sama alasannya dengan saat mandi,berenang membuat softlens selalu terkena air,apalagi di kolam renang umum yang kebersihan airnya kurang,ditambah lagi ada kandungan kaporit tinggi.

3. Saat Tidur

Penggunaan softlens saat tidur bisa meningkatkan keratitis. Keratitis adalah peradangan yang terjadi pada mata. Saat tidur dengan softlens akan meningkatkan resiko infeksi pada mata.

4. Pada Saat Merokok

Merokok bisa meningkatkan resiko terkena infeksi pada pengguna softlens. Jadi berhati-hatilah para perokok yang memakai softlens


Tanda-tanda Mata Anda Mengalami Gangguan Karena Softlens diantaranya;

1. Mata merah
2. Padangan mata jadi silau
3. Terjadi penurunan tajam pada penglihatan mata Anda
4. Mata gatal dan bengkak

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Para Penggguna Softlens;

1. Kebersihan tangan saat hendak menggunakan softlens.
2. Selalu membersihkan softlens dan tempatnya dengan benar sesuai petunjuk
3. Jika mau berdandan,pakai softlens nya terlebih dahulu.
4. Sering ganti softlens Anda dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa
5. Jangan menggunakan kembali cairan yang sudah dipakai membersihkan softlens
6. Jangan bersihkan pakai air biasa atau air keran.
7. Jika terjadi iritasi,bengkak,gatal atau kelainan mata lain,segera hubungi dokter mata.

Itulah tadi pembahasan tentang Lensa Kontak dalam hal ini softlens,untuk membantu kalian para pengguna softlens baik yang untuk membantu penglihatan,maupun untuk bergaya. Selalu berhati-hati dan perhatikan aturannya agar tidak menimbulkan masalah pada mata Anda.

Salam Enak Sehat :)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel