Mengapa Aktivitas Olahraga Bisa Memicu Asma Kambuh?

Mengapa Aktivitas Olahraga Bisa Memicu Asma?

Olahraga memang sebuah rutinitas yang bagus untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Olahraga bisa membuat tubuh kita kuat menghadapi serangan virus dan bakteri dari lingkungan.
Tapi olahraga juga bisa memicu penyakit kambuh,salah satunya adalah asma.

Asma adalah penyakit pernapasan kronis yang terjadi akibat peradangan pada bronkus.
Bagi orang yang tidak punya masalah kesehatan,olahraga mungkin tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang berarti,tapi bagi orang yang punya asma olahraga bisa menyebabkan penyakit Anda kambuh.

Kenapa Olahraga Bisa Memicu Asma Kambuh?

Ketika Anda berolahraga,atau melakukan aktivitas berat,kita cenderung bernafas dengan terengah-engah dan mengambil nafas dari mulut,bukannya dari hidung.

Mulut bukanlah organ yang punya rambut penyaring dan sinus layaknya hidung. Salah satu fungsi rambut dan sinus pada hidung adalah untuk menyaring dan melembabkan udara yang akan masuk paru-paru.

Jadi udara yang kita hirup lewat mulut langsung tidak lembab,tapi kering. Udara kering yang masuk dari mulut menuju paru-paru akan menyebabkan penyempitan pada saluran pernafasan kita. Makanya,buat Anda yang punya asma,perhatikan aktivitas olahraga Anda.
Jangan terlalu berat,dan perhatikan cara bernafas Anda agar asma Anda tidak kambuh.

Hal-hal Lain Yang Memicu Asma Kambuh Antara Lain;

1. Merokok

Polutan berupa asap rokok tentu akan membuat Asma yang sudah ada akan kambuh. Jika Anda punya asma tapi nekat terus merokok,maka resiko asma kambuh sangat tinggi.

2. Batuk Flu

Batuk dan pilek membuat saluran pernafasan Anda tersumbat dan banyak lendir. Pernafasan yang tidak lancar selama terkena flu dan batuk akan memicu asma kambuh.

3. Perubahan suhu dingin dan malam hari.

Suhu udara dan paparan penyebab alergi akan lebih banyak menimpa kita di malam hari. Hal inilah yang menyebabkan asma lebih sering kambuh di malam hari.

4. Naiknya Asam Lambung

Ternyata ada kolerasi antara penyakit asma dan penyakit GERD.
GERD adalah penyakit gangguan pencernaan kronis yang ditandai dengan naiknya asam lambung.
Orang dengan penyakit asma 80%  juga terkena penyakit GERD.

Asam lambung yang naik sampai ke saluran pernapasan akan menyebabkan iritasi pada kerongkongan dan peradangan sehingga dapat memicu asma.

5. Obat-obatan Jenis Tertentu

Bila Anda punya penyakit asma maka berhati-hatilah menggunakan obat seperti ibuprofen dan aspirin atau golongan obat anti nyeri lain. Jenis obat untuk penyakit jantung juga ada yang bisa memicu kambuhnya asma.
Jadi selalu konsultasikan ke dokter,obat-obat yang ingin Anda minum.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel