Mendadak Lupa,Linglung Dan Sulit Fokus Mungkin Anda Terserang Brain Fog

Mendadak Lupa,Linglung Dan Sulit Fokus Mungkin Anda Terserang  Brain Fog

Pernahkah Anda tiba-tiba merasa seperti orang linglung? Tidak sampai di situ,Anda lupa harus mengerjakan apa dan ketika mengajak otak untuk berpikir,Anda sulit berkonsentrasi. Kejadian seperti itu bisa disebabkan oleh fenomena Brain Fog.

Apa Sih Brain Fog Itu?

Brain Fog adalah istilah untuk menggambarkan kondisi otak yang diselimuti kabut tebal sehingga Anda mendadak bingung,linglung,sulit berpikir dan fokus. Sebenarnya brain fog wajar terjadi pada seseorang yang mengalami kelelahan otak dan berpikir.

Namun brain fog juga bisa menjadi pertanda awal seseorang mengalami gejala Demensia,bila brain fog sering terjadi berulang-ulang atau terlalu sering. Brain fog bisa terjadi karena Anda terlalu berpikir keras menyusun sebuah rencana di dalam otak,sehingga Anda mendadak mengalami otak "berkabut"

Faktor-faktor Yang Menyebabkan Brain Fog;

1. Kurang tidur

Insomnia atau kurang tidur jelas mempengaruhi kemampuan otak untuk berpikir jernih,karena otak tidak beristirahat yang cukup gara-gara Anda kurang tidur.

2. Stress

Seperti yang diutarakan di atas,kelelahan berpikir atau kebanyakan pikiran akan mengacaukan otak Anda,sehingga Anda bisa terserang brain fog tiba-tiba.

3. Dehidrasi

Kekurangan cairan akan mengakibatkan kinerja otak terganggu. Seperti yang kita ketahui otak terdiri dari 75 % air,jadi kekurangan cairan pada otak akan membuat Anda sulit fokus.

4. Gula Darah Rendah atau Menurun (Hipoglikemia)

Gula darah rendah akibat kurang tidur atau belum makan juga bisa menyebabkan kemampuan otak Anda menurun.

5. Malnutrisi

Kekurangan nutrisi terutama yang berhubungan dengan otak,akan membuat otak Anda tidak berfungsi dengan baik. Jadi jaga asupan gizi Anda agar otak bisa tetap cemerlang.

Cara Mengatasi Brain Fog

1. Istirahat

Jika Anda mengalami brain fog maka usahakan untuk beristirahat sejenak,kalau memungkinkan tidur segera mungkin.

2. Mengatur Pernafasan

Tarik napas panjang dan hembuskan perlahan-lahan,ulangi beberapa kali.

3. Refreshing

Berjalan kaki sejenak ke taman atau ke tempat-tempat yang memiliki udara segar akan membuat Anda fresh kembali,dan siap untuk berpikir jernih lagi.

Cara Mencegah Terjadinya Brain Fog

1. Menghindari Stress

Jelas stress merupakan pemicu terjadinya brain fog,Anda harus punya kemampuan yang baik untuk mengelola stress. Bila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi atau ada tekanan berat yang Anda alami,katakan bahwa Anda pasti bisa menyelesaikannya dan Anda akan baik-baik saja karena hal tersebut pasti akan segera berlalu.

2. Istirahat Yang Cukup

Tidur yang cukup akan menjaga kesehatan dan performa otak Anda tetap prima. Jadi jangan sering-sering mengurangi jam tidur Anda,kasihani otak dan tubuh Anda.

3. Penuhi Asupan Nutrisi Otak Anda

Beberapa nutrisi dan vitamin tertentu akan menjaga fungsi kognitif dan memelihara kesehatan sel-sel otak Anda. Asupan jenis vitamin untuk kesehatan otak diantaranya;

1. Vitamin B12

Vitamin B12 berasal dari produk-produk hewani,jadi kaum vegetarian jelas akan lebih beresiko mengalami kekurangan vitamin jenis ini. Vitamin B12 berfungsi membantu proses berpikir.

2. Vitamin D

Vitamin D yang bisa kita dapat dengan memperoleh sinar matahari yang cukup ini ternyata berfungsi juga untuk memperkuat daya ingat.  80 %  vitamin D bisa kita dapat dari sinar matahari yang sehat yakni dari terbit sampai jam 9 pagi,namun vitamin D juga bisa kita dapat dari berbagai jenis ikan seperti ikan salmon,makarel,tuna,cod dan sarden. Selain itu hati sapi dan kuning telur juga banyak mengandung vitamin D.

3. Omega 3

Jelas sekali bahwa omega 3 ini punya peran utama untuk menjaga kesehatan otak.  Sumber omega 3 bisa kita dapat dari ikan sarden dan ikan salmon. Selain itu kacang-kacangan,susu dan biji-bijian juga mengandung omega 3.

Kemampuan berpikir yang terganggu akibat brain fog memang hanya bersifat sementara. Kondisi otak Anda akan segera pulih bersama pusing dan pening yang menghilang. Namun jika kondisi linglung,pusing dan lupa ini begitu parah dan sering terjadi,Anda memang harus memeriksakan diri ke dokter,untuk mengetahui apakah ada penyakit serius yang perlu Anda waspadai,seperti demensia dan tumor otak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel