Pengertian dan Fakta Tentang Bersin

Bersin tidak hanya terjadi pada manusia,tapi juga kebanyakan binatang disekitar kita khususnya mamalia darat. Bersin juga merupakan reaksi tubuh untuk menyingkirkan partikel asing,seperti ingus dan benda asing lainnya,jadi bersin adalah upaya hidung untuk membersihkan diri juga.

Bersin atau bangkis merupakan reaksi biologis tubuh atas perubahan suhu lingkungan. Bersin juga merupakan upaya tubuh dalam melawan suatu penyakit. Itulah kenapa seorang bayi terlihat lebih sering bersin,karena mekanisme pertahanan tubuh mereka masih lemah,maka  bersin adalah salah satu solusinya menjaga kesehatan tubuh,

Pengertian Bersin

Bersin merupakan proses keluarnya udara semi otonom yang terjadi lewat hidung dengan keras dan cepat. Kecepatan udara yangdikeluarkan saat bersin bisa mencapai 70m/detik atau setara dengan 250 KM/Jam. Saat orang sedang flu,sekali bersin manusia bisa menghasilkan 40.000 bulir air yang mengandung virus flu. Makanya harus ditutup untuk meminilmalisir penyebaran virusnya.

Dalam tradisi Jepang,jika seseorang bersin dipercaya bahwa ada orang yang sedang ngomongin dia. Sedangkan di Hongaria,Slowakia,Slovenia dan negara-negara Timur Tengah percaya bahwa "bersin" setelah seseorang memberikan pernyataan,bisa diartikan sebagai konfirmasi kebenaran dari Tuhan. Di India lain lagi,orang-orang India percaya bahwa bersin menandakan bahwa ada seseorang yang menyayangi kita,sedang memikirkan kita. Setelah beberapa mitos,mari kita lihat beberapa fakta tentangbersin sebenarnya:

Beberapa Fakta Tentang Bersin  Adalah :


1.Bersin membunuh sel-sel otak

Jika Anda sedang bersin maka jutaan sel dalam otak Anda akan mati,tapi jangan khawatir karena jumlah sel otak kita milyaran.

2.Bersin juga merupakan upaya tubuh untuk melawan sel kanker

3.Menutup hidung untuk menahan bersin bisa merusak pembuluh darah diotak leher dan menyebabkan kematian

4.Tidak mungkin bersin diwaktu tidur karena syaraf yang mengaturnya ikutan tidur

5.Sebenarnya bersin tidak hanya terjadi akibat gejala flu saja,tapi juga merupakan gejala penyakit pernafasan lain seperti Selesma dan Rhinitis

Nah itulah beberapa pengertian,mitos dan fakta tentangbersin yang bisa kita pelajari. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan kita.




Referensi:
Wikipedia Indonesia

0 Response to "Pengertian dan Fakta Tentang Bersin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel