Resep Mudah Membuat Es Buah Timun Suri Enak Dan Segar

Resep Mudah Membuat Es Buah Timun Suri Enak

Timun suri yang kaya manfaat dan harganya relatif murah,merupakan salah satu buah favorit yang biasa dihidangkan saat buka puasa. Meskipun begitu, es buah timun suri juga tetap enak dibuat sebagai hidangan es buah sehari-hari.

Timun suri ini ada setidaknya dua jenis yang beredar di pasaran,yang kulit buahnya hijau dan yang kulitnya kuning. Banyak orang berpendapat kalau yang berkulit kuning ini dagingnya lebih padat dan wangi,sedangkan yang hijau lebih empuk dan agak krispy.

Soal enak kan yang mana,kalau saya sendiri agak lebih suka yang kulitnya kuning,tapi kalau adanya yang kulit hijau ya tidak apa-apa,ini soal selera saja koq. Boleh suka yang padat atau yang lebih empuk dan krispy.

Tips Memotong Timun Suri

Pertama-tama,cuci dulu buah timun suri lalu belah jadi dua,buang isinya. Sehabis itu kalau saya,cuci lagi untuk menghilangkan sisa biji timun suri,karena kadang isian timun suri yang tidak matang sempurna bisa menyisakan rasa pahit.

Satu lagi adalah cara  memotong buah timun suri,ada yang dipotong dadu,dibentuk bulat pakai scoop buah,atau dikerok biasa pakai sendok atau scoop buah. Menurut saya,agar susu dan sirupnya lebih meresap dan wanginya menyebar,saya suka kerok pakai scoop,dengan bentuk biasa memanjang atau kadang tidak beraturan.

Bahan Membuat Es Buah Timun Suri 

1. Setengah buah Timun Suri yang besar, bersihkan potong-potong atau kerok pakai scoop.
2. Cingcau rasa jeruk potong-potong dadu
3. Buah melon seperempat di kerok
3. Sirup bangau rasa pisang ambon 2 sendok sayur,ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Kalau tidak ada ya gunakan sirup merk lain.
4. 3 sendok susu Carnation (susu ini sangat cocok untuk es buah),boleh diganti merk lain kalau tidak suka.

Cara buat es buah timun suri lezat:

Tempatkan dalam satu wadah semua bahan diatas kecuali cingcau,karena takut tidak semua suka dan kadang ada yang membuat warna kuah es buah jadi agak menghitam. Setelah semua bahan tercampur,lalu aduk dan masukkan dalam kulkas beberapa saat sampai meresap.

Ini saya lakukan saat ramadhan,jadi menjelang buka,baru saya tambahkan es batu,entah perasaan saya atau bukan,tapi  rasanya jadi lebih nyatu dan enak.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel