7 Daftar Penyakit Yang Bisa Disebabkan Gigi Dan Mulut Yang Kotor

7 Daftar Penyakit Yang Bisa Diakibatkan Gigi Dan Mulut Yang Kotor

Kesehatan dan kebersihan gigi memang sangat penting. Bukan hanya erat kaitannya dengan masalah pernapasan alias bau mulut,namun ternyata berkaitan juga dengan penyakit-penyakit berbahaya yang bisa ditimbulkan oleh kondisi kesehatan gigi dan mulut yang buruk.

Gigi merupakan satu-satunya organ tubuh manusia yang sulit memperbaiki jaringan rusak pada dirinya sendiri. Artinya ketika orang dewasa mengalami gigi rusak,seperti patah,copot dan keropos maka gigi tidak dapat memperbaiki kerusakannya sendiri. Maka dari itulah penting sekali menjaga kesehatan gigi dan mulut agar kuat dan fungsi optimalnya lebih lama bisa kita pertahankan.

Fungsi Gigi dan Mulut;

1. Berbicara
2. Makan
3. Menggigit dan Menghisap
4. Mencium
5. Tersenyum
6. Minum
7. Meniup dan Bernafas

7 Ragam Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kesehatan Gigi Dan Mulut Yang Buruk;

1. Infeksi Paru-paru

Bakteri yang menumpuk pada plak gigi dan tertelan salah satunya bisa jadi merupakan bakteri penyebab pneunomia (infeksi paru-paru). Parahnya lagi jika seorang penderita infeksi paru-paru tidak menjaga kesehatan mulut dan giginya,resiko penularan penyakitnya akan lebih besar. Kasus ini lebih beresiko pada lansia.

2. Penyakit Jantung

Kuman dan bakteri yang terbawa darah dan melewati jantung,bisa menyebabkan infeksi pada organ jantung.  Penyakit Jantung juga bisa di akibatkan oleh zat-zat kimia yang beredar dibawa darah,saat Anda memakai obat ketika sedang mengalami peradangan pada rongga mulut atau gigi. Apabila pembuluh darah pada gusinya terbuka,darah yang terkontaminasi bahan kimia tadi akan melewati jantung dan bisa berakibat buruk bagi kesehatan jantung Anda.

3. Gangguan Pencernakan

Bakteri-bakteri jahat yang terakumulasi pada plak gigi dan rongga mulut,bila tertelan dan sampai ke saluran pencernakan,akan menyebabkan berbagai penyakit pencernakan.

4. Kanker Mulut

Ini jelas yah,kesehatan rongga mulut yang buruk bisa menyebabkan peradangan kronis yang terjadi pada lapisan lunak rongga mulut seperti lidah,bibir,dasar mulut dan bagian dalam pipi. Peradangan kronis ini tidak menutup kemungkinan bisa berkembang menjadi sel kanker,apabila Anda punya resiko tinggi terhadap penyakit kanker.

5. Diabetes

Penyakit diabetes bisa terjadi karena komplikasi penyakit diabetes,salah satunya karena terdapat gangguan pada gusi dan rongga mulut,di mana makanan diproses di sana. Kadar gula darah yang tidak dapat di kelola dengan baik karena infeksi pada gigi dan mulut,akan mempengaruhi kadar gula terutama pada penderita diabetes.

6. Infeksi Otak

Kuman atau bakteri yang disebabkan oleh sakit gigi dan kondisi rongga mulut yang kotor,akan terbawa ke dalam aliran darah. Dan darah yang membawa kuman penyakit tersebut,akan mampir ke organ-organ vital manusia,seperti jantung dan otak. Meskipun jarang terjadi,tapi infeksi otak atau miningitis bisa disebabkan karena kasus seperti ini,terutama pada orang dengan imunitas yang lemah.

7. Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur pada ibu hamil ternyata kasusnya ada yang berkaitan dengan penyakit gigi dan mulut. Para ahli menduga bahwa respon imun terhadap penyakit gigi dan mulut,akan mempertinggi resiko kelahiran prematur.

Mengingat segala resiko penyakit di atas,memang sebaiknya kita berjaga-jaga dengan memelihara kesehatan gigi dan mulut setiap waktu. Sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur,serta periksakan gigi tiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel