7 Manfaat Timun Suri,Mencegah Kanker Dan Baik Untuk Penderita Maag

7 Manfaat Timun Suri,Mencegah Kanker Dan Baik Untuk Penderita Maag
Es buah "timun suri" merupakan hidangan wajib bagi sebagian warga,utamanya wilayah Jabodetabek. Pasalnya buah ini mudah sekali ditemukan dan dijual di lapak-lapak pinggir jalan,warung sayur, maupun pasar selama bulan Ramadhan. Buah timun suri umumnya ada dua jenis,yang berkulit hijau dan berkulit kuning.

Namun sekarang timun suri tak hanya ada di bulan puasa saja,meskipun tidak di semua tempat ada,tapi biasanya buah ini ada di pasar-pasar tradisional dan di pinggir jalan tertentu. Seperti di tanjakan Pasar Anyar Tangerang misalnya.

Timun suri merupakan buah tanpa rasa tapi harum sekali baunya. Daging buahnya tebal dan empuk,kulitnya tipis dan mudah di buang. Buah ini cocok sebagai hidangan berbuka puasa,karena mengenyangkan dan adem di perut. Apalagi manfaat lainnya?

Manfaat Buah Timun Suri

1. Sumber Vitamin K

Timun suri banyak mengandung vitamin K. Vitamin K berfungsi untuk meningkatkan massa tulang,membantu pembentukan tulang pada persendian,dan membantu mencegah kerusakan syaraf pada otak. Jadi Vitamin K yang banyak terdapat pada timun suri ini,sangat baik dikonsumsi demi mencegah penyakit Alzheimer.

2. Sumber Vitamin C dan Antioksidan

Vitamin C sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain vitamin C,timun suri juga banyak mengandung betakaroten,flavonoid,triterpen dan lignan. Semua buah anggota timun-timunan memang mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

3. Bermanfaat Sebagai Anti Kanker

Karena kandungan zat-zat antioksidan di atas,maka timun suri juga bisa dikonsumsi untuk mencegah bahaya penyakit kronis seperti kanker. Tidak hanya karena kandungan antioksidan saja,timun suri juga punya zat saponin yang berfungsi menghalangi sinyal munculnya sel kanker dan mencegah kerusakan metabolisme tubuh.

4. Baik Untuk Pencernakan

Tentu saja timun suri sangat baik untuk pencernakan,teksturenya lembut,kandungan seratnya berlimpah,mengandung banyak air dan adem di perut. Sangat baik untuk mencegah konstipasi dan penyakit lambung seperti maag.

5. Baik Untuk Penderita Diabetes

Timun suri ini rasanya cenderung tawar kecuali ditambahkan gula,sirup atau susu. Jadi bagi Anda penderita diabetes Anda bisa mengkonsumsi timun suri,tentu saja  jangan ditambahkan bahan pemanis diatas.

Timun suri tawar akan membantu menaikan kadar gula darah secara perlahan dan karbohidrat kompleksnya mengenyangkan dan aman untuk Anda.

6. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Kandungan zat-zat anti oksidan yang bisa mencegah radikal bebas yang telah disebutkan sebelumnya,juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit,terutama untuk mencegah penuaan dini.

7. Baik Dikonsumsi Untuk Anda Yang Sakit Gigi Dan Radang Gusi

Timun suri bisa membuat PH di mulut Anda kembali netral,produksi air liur pun jadi banyak,sehingga sakit gigi dan gusi Anda bisa berkurang dan membantu proses penyembuhan. Teksturenya yang lembut dan mengenyangkan sangat bersahabat dengan penyakit gigi dan mulut Anda.

Itu dia 7 manfaat timun suri yang bisa Anda nikmati dengan rajin memakan buah timun suri yang harganya relatif murah tersebut. Untuk selalu "Enak Sehat" tidak perlu mahal bukan?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel