7 Makanan Dan Minuman Yang Bisa Meringankan Flu Dan Batuk

Penyakit flu memang penyakit musiman yang seringkali menjangkiti anggota keluarga. Tak memandang usia,sakit flu bisa  diderita siapa saja,terutama pada musim pancaroba.

Penyakit ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa menganggu rutinitas sehari-hari dan cukup menyiksa,sehingga diperlukan penanganan khusus untuk setidaknya meringankan sakitnya.

Penyakit flu ini biasanya sepaket dengan batuk,demam,sakit kepala dan ngilu-ngilu di badan. Selain meminum obat batuk dan flu,sebenarnya ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu proses penyembuhan sakit flu dengan cara meringankan gejala sakit flu dan membantu tubuh melawan bakteri dan virus..

Daftar Makanan Dan Minuman Yang Bisa Membantu Proses Penyembuhan Sakit Flu 

1. Sup ayam

7 Makanan Dan Minuman Yang Bisa Meringankan Flu Dan Batuk

Makanan yang satu ini sudah seringkali kita dengar khasiatnya dalam membantu menyembuhkan dan meringankan sakit flu. Semangkuk sup ayam hangat,bisa membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat. Selain itu juga bisa menghangatkan badan.

2. Susu Hangat

Minum segelas susu hangat terutama yang putih sangat bermanfaat untuk meredakan batuk. Susu akan membantu menyerap dan meluruhkan partikel atau zat-zat asing sehingga mudah dikeluarkan melalui dahak.

3. Buah Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu aroma jeruk terutama kulitnya yang kesegarannya khas,dapat membantu meredakan stress dan sakit kepala,bila kamu cium-cium aroma kulitnya.

4. Pecel Atau Keredok

Bagi kamu yang tidak punya masalah pencernakan saat sedang flu,tidak ada salahnya memilih pecel,keredok atau sejenisnya untuk dijadikan santapan. Selain pada umumnya menggugah selera makan,makanan kaya akan sayuran hijau ini akan memenuhi kebutuhan serat dan vitamin,agar tubuhmu kuat melawan virus dan bibit penyakit. Rasa pedas dari cabainya juga kan membantu mengencerkan lendir pada sinus.

5. Air Hangat

Mengkonsumsi banyak air putih agar tubuhmu tidak dehidrasi adalah wajib hukumnya,apalagi saat kamu flu. Air putih hangat juga akan membantu meringankan batuk dan flu dengan cara menenangkan bagian belakang batang tenggorokan,sehingga frekuensi batuk berkurang.

6. Sup Kacang Merah

Biji-bijian banyak mengandung selenium dan seng yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Mengkonsumsi semangkuk kacang merah juga kan membantu meringankan hidung tersumbat.

7. Madu

Madu memang kaya manfaat,apalagi kalau dijadikan minuman. Madu mengandung anti inflamasi,vitamin C dan bisa membantu tubuhmu melawan virus dan penyakit. Diminum langsung maupun dicampur dengan minuman hangat,madu sangat baik dikonsumsi saat flu dan batuk menyerang.

Itu tadi 7 contoh makanan dan minuman yang bisa membantu proses penyembuhan sakit flu yang biasanya menyerang saat sistem kekebalan tubuh menurun dan musim pancaroba tiba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel