Kenali 5 Hal Yang Cepat Membuat Kita Dehidrasi Selama Puasa

Kenali Hal-hal Yang Cepat Membuat Kita Dehidrasi Selama Puasa

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kehilangan cairan dari angka normal yang seharusnya,dan asupannya juga kurang. Dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh ini akan menyebabkan kita cepat lemas di bulan puasa.

Memang selama puasa kita tidak makan dan minum,jadi asupan air ke dalam tubuh pasti berkurang. Tapi kecepatan tubuh mengalami dehidrasi selama waktu berpuasa bisa kita tekan kecepatannya bila kita tahu penyebabnya.

Cairan tubuh keluar dari  badan kita melalui  urine,air mata,keringat,muntah dan diare. Jadi yang bisa kita lakukan adalah mengurangi cairan tubuh tersebut keluar dengan cara-cara di atas terlalu sering.

1. Urine

Berkemih terlalu sering pada saat bulan puasa ini sepertinya memang agak sering menimpa kita. Beberapa masalah kita sering kencing adalah;

a. Minuman Manis

Kurangi minuman manis saat makan sahur,karena kadar gula yang meningkat juga akan meningkatkan produksi urine,karena itu adalah salah satu cara tubuh mengurangi kadar gula yang tinggi tersebut.

b. Minuman Berkafein 

Seperti pada postingan sebelumnya,kadar kafein tinggi pada minuman seperti kopi,minuman bersoda dan yang lainnya,juga jadi penyebab meningkatnya produksi urine.

c. Minuman Beralkohol. 

Ternyata alkohol ini bersifat diuretik juga,sehingga mengkonsumsi minuman beralkohol jelas akan menyebabkan kita sering kencing.

2. Keringat

Cara mencegah keringat ke luar berlebihan sehingga kita banyak kehilangan cairan tubuh ya dengan membatasi aktivitas berat yang membuat kita keluar keringat banyak. Selain itu faktor cuaca juga jadi penyebab keringat keluar banyak,jangan lupa untuk berteduh.

3. Diare 

Jelas Kondisi ini akan menyebabkan kita kehilangan cairan dalam waktu singkat. Jaga kesehatan tubuh dan asupan makanan kita,untuk menghindari penyakit ini. Kurangi makanan pedas.

4. Muntah-muntah

Sama seperti diare,muntah-muntah juga menyebabkan dehidrasi dalam waktu cepat. Jaga kondisi kesehatan badan Anda dan perhatikan makanan yang Anda konsumsi juga.

5. Air mata

Pernah merasa kalau habis nangis jadi haus dan tenggorokan kering? Yak karena air mata juga cairan tubuh,jadi banyak nangis akan membuat Anda cepat haus. Kurangi nonton drama korea dan kendalikan emosi Anda.

Namun demikian memang ada orang-orang yang berkemih dan berkeringat berlebihan yang disebabkan faktor lain,seperti usia dan penyakit. Lansia dan anak-anak akan lebih sering berkeringat dan berkemih.

Sedangkan penyakit diabetes,gagal ginjal dan jantung,juga bisa menyebabkan pasien sering mengalami dehidrasi. Lansia yang punya penyakit lupa ingatan juga akan sering mengalami kehausan dan dehidrasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel