Beda Gejala Sakit Gagal Ginjal dan Batu Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting,karena ginjal mempunyai fungsi menyaring racun,zat-zat berbahaya dan limbah lain dari tubuh melalui darah. Ginjal juga berfungsi menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh dan cairan dalam tubuh. Selanjutnya zat-zat berbahaya dan limbah dari tubuh kita akan dialirkan keluar melalui urine.

Beda Gejala Sakit  Gagal Ginjal dan Batu Ginjal

Makanya kerusakan atau menurunnya fungsi ginjal bisa berakibat berbahaya bagi tubuh,karena bisa menganggu fungsi organ-organ lain juga. Ginjal yang terdapat dibagian atas rongga perut ini berjumlah 2 buah dan bisa mengalami kerusakan atau penurunan fungsi salah satu atau kedua-duanya. Kerusakan atau penurunan fungsi ginjal yang paling sering kita dengar bisa mengakibatkan penyakit batu ginjal dan gagal ginjal.

Batu ginjal merupakan hasil dari pengkristalan garam dan mineral yang harusnya disaring dengan baik oleh ginjal. Namun karena proses ini gagal,urine jadi terlalu pekat,sehingga terbentuklah kristal atau batu ginjal. Sedangkan Gagal Ginjal merupakan kasus penurunan fungsi ginjal secara signifikan dalam waktu yang lama,sehingga mengakibatkan penumpukkan zat-zat berbahaya yang tak terurai,sehingga mempengaruhi kinerja organ-organ lain dalam tubuh.

Apa Beda Gejala Penyakit Batu Ginjal dan Gagal Ginjal?

Gejala penyakit batu ginjal adalah 

1. Nyari pada pinggang dan perut bagian bawah samping kanan dan kiri
2. Mual,kadang demam dan menginggil
3. Kencing berdarah untuk kasus batu ginjalnya sudah terlalu besar. 
Kencing berdarah diakibatkan dari batu ginjal yang bergesekkan dengan dinding ureter (saluran kemih)

Gejala penyakit gagal ginjal antara lain:

1. Kulit gatal dan kering
2. Terdapat pembengkakan pada pergelangan kaki dan daerah mata
3. Insomnia
4. Urine sedikit dan kadang berbusa.
5. Mual dan muntah
6. Mudah lelah
7. Mulut bau air kencing atau urine

Yang perlu diwaspadai penyakit "gagal ginjal" stadium awal biasanya tidak terlalu terasa gejalanya,sehingga pasien merasa baik-baik saja. Bahkan penyakit gagal ginjal ini baru terasa sakitnya jika fungsi ginjal tinggal 30 % ke bawah.

Metode Penyembuhan Penyakit Batu Ginjal dan Gagal Ginjal

Untuk penyakit batu ginjal yang kristal batunya masih kecil dokter biasanya hanya akan memberikan terapi obat agar kristal ginjalnya bisa keluar lewat urine dan diberi obat pengurang rasa sakit.
Sedangkan untuk batu ginjal yang kristalnya sudah besar dan sulit keluar,akan dibantu dengan alat untuk menghancurkan kristal batu ginjal agar bisa dikeluarkan lewat urine.

Untuk mengobati  penyakit gagal ginjal yang akut tentu saja metode "cuci darah"lah yang paling efektif. Untuk frekuensi cuci darahnya berapa kali,tergantung pada tingkat keparahan kerusakan organ ginjal tersebut. Bisa juga mengambil opsi transplantasi ginjal,namun metode ini selin mahal juga sulit menemukan donor ginjal yang cocok.

Jadi mari kita jaga kesehatan ginjal kita dengan gaya hidup sehat seperti menjaga asupan makanan,tidak merokok dan minum-minuman keras,menjaga berat badan dan banyak minum air putih. Salam enak sehat :)

0 Response to "Beda Gejala Sakit Gagal Ginjal dan Batu Ginjal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel