Manfaat,Fungsi Dan Ciri Sakit Usus Buntu

Manfaat,Fungsi Dan Ciri Sakit Usus Buntu

Usus buntu merupakan organ yang menempel pada usus besar tepatnya pada bagian kolon. Nama latin usus buntu adalah Appendix Vermiformis.  Usus buntu tidak hanya dimiliki manusia,tapi beberapa hewan jenis reptil tertentu,mamalia dan burung.

Manfaat dan  Fungsi Usus Buntu

Usus buntu berbentuk seperti tabung kecil yang terhubung pada kolon usus besar. Diameter usus buntu antara 6 sampai 8 milimeter,dengan panjang sekitar 10 sentimeter. Usus buntu dulu dianggap sebagai organ yang tidak memiliki fungsi yang signifikan,sehingga jika dihilangkan saat sakit usus buntu,tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun anggapan itu ternyata tidak sepenuhnya benar.

Usus buntu merupakan organ yang berfungsi sebagai imunologik,artinya usus buntu adalah organ yang punya manfaat  untuk membantu sistem kekebalan tubuh. Manusia dan beberapa jenis hewan yang memiliki usus buntu,memiliki jaringan atau kelenjar limfoid  dan usus buntu membantu sekresi immunoglobulin untuk sistem kekebalan tubuh pemiliknya.

Fungsi usus buntu adalah sebagai wadah atau tempat berbagai jenis bakteri baik yang akan menguntungkan kesehatan tubuh manusia dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apa Itu Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu atau radang usus buntu (appendicitis) terjadi karena adanya peradangan atau pembengkakan pada organ usus buntu tersebut. Peradangan pada usus buntu pada umumnya disebabkan karena adanya sumbatan pada saluran menuju usus buntu.

Pembengkakan pada usus buntu merupakan kondisi yang berbahaya bagi tubuh,karena usus buntu bisa rentan pecah. Maka tidak boleh menunda-nunda untuk periksa ke dokter bila terjadi gejala sakit usus buntu.

7 Ciri atau Gejala Sakit Usus Buntu

1. Perut keram,bengkak dan sakit di areal sisi kanan bawah perut
2. Mual dan muntah-muntah
3. Panas atau demam
4. Terjadi diare
5. Bisa juga malah mengalami sulit buang air besar atau sembelit
6. Kembung dan sulit kentut.
7.Tidak nafsu makan.

Cara Menangani Sakit Usus Buntu

Sakit usus buntu atau radang usus buntu biasanya disembuhkan dengan cara operasi pengangkatan usus buntu. Cara ini memang dianggap yang paling manjur dan tepat untuk menyelamatkan pasien.

Apa Efek Jika Usus Buntu Seseorang Telah Diambil?

Orang yang usus buntunya diangkat dengan operasi  sebenarnya tak perlu terlalu khawatir. Ini karena usus buntu meski berperan sebagai salah satu organ yang membantu sistem kekebalan tubuh,namun tak akan membuat yang tak memilikinya dalam kondisi yang rentan penyakit berbahaya.

Akibat satu-satunya bagi tubuh manusia yang tak lagi punya usus buntu adalah lebih lama sembuh dari penyakit seperti diare,karena jumlah bakteri baiknya yang berkurang. Meski begitu menjaga kesehatan usus buntu sangat penting untuk menjaga performa tubuh.

Cara Menghindari Sakit Usus Buntu

Menghindari konsumsi makanan pedas secara berlebihan dan instan merupakan salah satu  hal yang disarankan dokter untuk mencegah radang usus buntu. Memperbanyak konsumsi makanan berserat agar tidak terjadi penumpukan yang mengakibatkan penyumbatan saluran menuju usus buntu merupakan hal yang sangat dianjurkan.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel